39 Desa Siapkan Website

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MANGGAR – Sebanyak 39 desa di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menyatakan antusias untuk memiliki/memprogramkan laman informasi atau website melalui aplikasi Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (Destika). Website desa kawasan Destika yang akan menampung segala informasi mengenai potensi desa, keunggulan, program penuntasan kemiskinan, dan informasi tentang desa lainnya ini rencananya akan diluncurkan bulan April 2015 mendatang.

Saat ini relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sedang melakukan pendampingan terhadap pemerintah desa untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dan sarana penunjang lainnya.

“Saat ini kita akan mencoba mengajak teman-teman desa yang ada di Kabupaten Beltim untuk bisa mengimplementasikan aplikasi desa kawasan (Detika). Kita berharap di Bulan April nanti, kita bisa lounching aplikasi Destika sebagai salah satu aplikasi desa yang saat ini kita punya. Dan itu akan kita implementasikan pertama kali di Kabupaten Beltim,” ungkap Kepala Bidang Literasi Komunitas Relawan TIK Pusat, Wajar Rubianto kepada wartawan seusai Acara Sosialisasi Aplikasi Destika di Ruang Rapat Bupati Beltim, Selasa (17/2) kemarin.

Wajar, menjelaskan Aplikasi Destika merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang diciptakan dari kawan-kawan relawan TIK agar lebih bisa mengakomodir kebutuhan desa saat ini.
Ia mengklaim keunggulan utama dari aplikasi ini adalah penyampaian informasi yang lebih akurat dan cepat. Setiap desa nantinya akan memiliki id (identitas) domain seperti burungmandi.desa.id yang akan terhubung ke berbagai aplikasi sosial media.

Baca Juga:  Rekrutmen 102 PTT Baru di Beltim Menuai Sorotan

“Begitu mereka ikut dalam gerakan ini dan memiliki web yang diinsertkan dengan Aplikasi Destika maka seluruh komponen pemerintahan dan masyakat umum akan dapat melihat informasi desa. Mulai dari data penduduk, data potensi, kegiatan, objek wisata, bahkan pemasaran kripik atau indutri rumah tangga desa semuanya ada di situ. Untuk konten dan tema-tema tiap desa juga akan berbeda,” jelasnya.

Sebagai persiapan awal, komunitas relawan TIK Kabupaten Beltim akan melakukan pendampingan. Para relawan ini siap dipanggil untuk memberikan ilmu dan membantu relawan TIK desa masing-masing.

“Semuanya free atau gratis. Bantuan dari relawan juga gak dibayar. Karena syarat untuk jadi relawan TIK dia punya waktu, dia punya mau, dia punya semangat. Gak ada tarif apa- apa yang dibebankan pada desa. Kalau pun ada kopi, teh, atau kue, kami terima kasih banget. Tujuan utama kami adalah membentuk masyarakat Indonesia yang informatif dalah hal ini membentuk masyarakat desa yang informatif,” kata Wajar.

Baca Juga:  Seleksi Terbuka Bisa Tak Lagi Diperlukan

Ia mengaku optimis jika gerakan ini akan berkembang di Kabupaten Beltim. Dari pengalamannya melakukan pendampingan gerakan Destika ke berbagai desa di seluruh Tanah Air, Wajar menyatakan sambutan dari pemerintah desa dan Pemkab Beltim paling antusias.

“Kalau di Beltim ini saya yakin akan sukses. Biasanya di daerah lain di Indonesia paling 30 persen desanya akan partisipasi ikut gerakan. Namun di sini kelihatan desa-desanya antusiasnya sangat tinggi. Bahkan mereka (para kepala desa) yang kejar kami terus. Lihat saja 39 desa langsung mendaftarkan diri untuk dibuatkan web. Kami juga jadi ikut bersemangat untuk melakukan pendampingan,” ujar Wajar.

Kepala Desa Padang Kecamatan Manggar Dean Setyawan mengatakan menyambut baik gerakan Aplikasi Destika ini. Malah sebelum gerekan ini dicanangkan Pemerintah Desa Padang sudah menyiapkan dana Rp.45 juta untuk membuat website desa.

“Insyalaah kami optimis dan antusias. Desa Padang juga sudah mewacanakan gerakan ini, teman-teman kades lain juga antusias. Kita sudah menyiapkan data-data untuk nanti dimasukkan ke dalam web ini. Sekarangkan sudah jamannya teknologi, semua orang pasti bisa mengoperasikannya,” pungkas Dean. (feb)

Rate this article!
39 Desa Siapkan Website,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: