4 Kiat Mudah Jadi Ibu Sukses Multitasking di Era Digital

by -
4 Kiat Mudah Jadi Ibu Sukses Multitasking di Era Digital

belitongekspres.co.id – Menjelang Hari Ibu setiap 22 Desember, perempuan diapresiasi dalam posisinya yang memiliki peran ganda. Ibu di era digital membuat mereka terus bergerak sambil menjalani peran ganda baik mengurus rumah tangga dan bekerja. Tantangannya tentu tak mudah.

Para perempuan hebat yang berstatus ibu berbincang dalam Forum Diskusi bertema ‘Ngumpul Asik : Wanita Bisa memberdayakan Diri Melalui Teknologi’ baru-baru ini. Menurut data We Are Social in 2019, Indonesia mengalami peningkatan 13 persen dalam hal jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun. Wanita menempati porsi 48,57 persen dari keseluruhan pengguna internet, berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Maka ada beberapa kiat agar bisa menjadi ibu sukses di era digital dengan peran multitasking sambil mengurus banyak hal. Para ibu dengan bidangnya masing-masing memberikan tips bagi semua bunda.

1. Saring Informasi, Gunakan Digital Untuk Hal Positif

Pegiat isu perempuan dan istri Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Happy Djarot Saiful Hidayat meminta para ibu untuk mempergunakan internet dengan bijaksana. Teknologi digunakan sebagai sarana edukasi dalam mendidik anak.

“Bisa manfaatkan teknologi. Jangan teknologi manfaatkan kita. Contoh ya, kita harus bisa bagi waktu seberapa lama harus buka HP. Seberapa penting harus dibaca sampai detail. Grup kan banyak banget, enggak harus semua kita baca. Mana yang harus kita balas dan baca. Atau membuka media sosial,” kata Happy.

Happy memberi saran kepada para ibu agar internet justru memberikan informasi yang positif kepada para ibu dalam rangka memudahkan mendidik anak. Sehingga para ibu juga diminta agar tak percaya hoax.

“Bisa berikan hal positif yang tak ngawur. Di tengah banyaknya informasi di internet saat ini, kita perlu lebih hati-hati dalam memilih apa yang perlu dibaca dan apa yang bisa dipercaya. Tips paling mendasar adalah mencari tahu sumber informasi tersebut, dan pastikan bahwa sumber tersebut kredibel serta tepercaya. Kita juga perlu lebih bijak dalam menggunakan media sosial,” kata Happy.

2. Berdaya dalam Berwirausaha Online

Asdep Perlindungan Hak Perempuan Dalam Situasi Darurat dan Kondisi Khusus, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Nyimas Aliah, menyorot bagaimana wanita dapat ambil bagian dalam sektor ekonomi dengan lebih mudah sekarang ini. Hal tersebut sejalan dengan riset dari The Mckinsey Global Institute (MGI) yang memperkirakan peningkatan kesetaraan gender dapat menambah nilai 12 triliun dolar AS per tahun ke perekonomian dunia di tahun 2025 nanti.

“Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, perempuan akan mampu meningkatkan kapasitas mereka dan berpartisipasi dalam banyak sektor, termasuk ekonomi dan pembangunan,” tegasnya.

3. Kemajuan Teknologi Jadi Pilihan Karir yang Baru

Para ibu saat ini sebagian memutuskan untuk resign dari pekerjaannya di kantor dan sibuk mengurus anak. Era digital membuat para ibu mudah bekerja dari rumah sambil melakukan bonding dengan anak.

Psikolog dari Yayasan Praktik Psikologi Indonesia mengatakan berbagai informasi dan pengetahuan yang dapat diakses dengan kemajuan teknologi ini dapat digunakan untuk memberdayakan mereka dengan kemampuan dan pengetahuan baru. Salah satunya dapat menjadi pilihan karir yang baru atau sumber pendapatan.

“Perempuan yang berdaya akan bermanfaat dan signifikan di setiap rumah tangga, sehingga dapat memperkaya keluarganya dengan lebih banyak nilai-nilai positif,” tuturnya.

4. Ibu Sebagai Gerbang Informasi Bagi Keluarga

Para ibu bisa melakukan Me Time dengan hal-hal positif, salah satunya membaca. Akses dan konten yang dibaca juga bisa menjadi sarana informasi bagi keluarganya. Product Manager BaBe, Lidia Chandra, mencontohkan komunitas para ibu dalam Ikatan Bunda BaBe (iBuBa) selalu berbagi tips serta trik positif bagi para ibu lainnya dalam rangka pengasuhan pada anak dan keluarga.

“Perempuan, dalam hal ini para ibu, merupakan gerbang bagi keluarga. Memberdayakan perempuan itu bagus, bukan hanya bagi mereka yang merasakan manfaatnya tetapi juga untuk keluarga secara keseluruhan yang lebih harmonis,” tandasidia. (jpg)

 

Artikel ini sudah dimuat di Jawapos.com dengan judul 4 Kiat Mudah Jadi Ibu Sukses Multitasking di Era Digital