4 Mei, Kades Terpilih Dilantik.

by -

MANGGAR – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Ikhwan Fahrozi, mengatakan calon kepala desa (Kades) terpilih pada Pilkades serentak di 17 desa di Beltim akan dilantik secepatnya, dan rencana akan dilakukan pada minggu pertama Mei 2016 mendatang.

“Secepatnya akan dilakukan pelantikan oleh Bupati Beltim, kita sih ancar-ancarnya tanggal 4 Mei. Tadi juga kita kumpulkan seluruh kepala desa terpilih untuk membahas persiapan pelantikan,” ungkap Ikhwan kepada Belitong Ekspres Rabu (20/4) kemarin.

Menurutnya, sampai saat ini masih ada beberapa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang belum menyampaikan hasil Pilkades kepada Camat. Namun ia memastikan memberikan batas waktu pekan ini agar BPD segera menyampaikan hasil Pilkades.

“Kan, panitia menetapkan Kades terpilih kemudian dilaporkan ke BPD. Selanjutnya BPD menyampaikan kepada Bupati melalui Camat. Mudah-mudahan paling lambat pekan depan sudah dimeja Bupati dan tinggal persetujuan Bupati untuk pelantikan,” sebut Ikhwan.

Hanya saja, Ikhwan menyerahkan sepenuhnya kepada Bupati untuk menentukan waktu dan tanggal pelantikan kepala desa terpilih. Apalagi, Bupati dijadwalkan akan mengikuti bimbingan teknis di Kementerian Dalam Negeri selama sepekan.

“Kita juga masih menunggu waktu yang tepat dan bersamaan dengan jadwal pak Bupati. Dalam waktu dekat beliau juga akan mengikuti bimtek di Kementerian yang akan diikuti oleh seluruh Bupati/Walikota se Indonesia, dan kita tunggu jadwal yang tepat,” terangnya.

Sebelumnya, Ikhwan menyatakan pelaksanaan Pilkades serentak tidak ditemukan permasalahan serius. Pilkades yang digelar untuk 17 Desa berjalan aman dan terkendali.

“Jika boleh dikatakan dengan kalimat, Alhamdulillah yah mungkin itulah yang pantas, karena sejauh ini semuanya berjalan dengan baik, aman, dan lancar,” sebutnya.

Ia juga mengatakan, beberapa kepala desa terpilih sudah melakukan pengukuran baju untuk pelantikan. Anggaran tersebut dialokasikan melalui Desa masing-masing sampai dengan persiapan pelantikan.

“Untuk anggaran itu kan ada didesa masing-masing sampai pelantikan nanti. Pelantikan akan dilaksanakan serentak oleh Bupati dan kemungkinan di Auditorium Pemkab Beltim nantinya,” tandasnya. (feb)