4 OTG Kontak Erat Pasien Positif Covid-19 di Beltim Dipulangkan

by -
4 OTG Kontak Erat Pasien Positif Covid-19 di Beltim Dipulangkan
Ilustrasi jpnn.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Empat orang yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) kontak erat pasien 750 dipulangkan pada hari Rabu (20/5), sejak di karantina di Stadion Belitung Timur (Beltim) pekan lalu.

Namun, hasil swab terhadap mereka hingga kini belum diterima dan dipublikasikan mengingat sampel swab masih diperiksa di Puslitbangkes Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Kemenkes RI Jakarta.

Usai menggelar rapat evaluasi terbatas di ruang Bupati Beltim, Tim Gugus Tugas memastikan empat OTG kontak erat pasien positif Covid-19 nomor 750 akan dipulangkan dan melakukan swaisolasi di rumah.

“Jadi hasil rapat evaluasi tim gugus tugas dengan mendengarkan berbagai masukan tapi yang paling utama menjadi pertimbangan kita adalah unsur kemanusiaan. Karena kita tahu OTG ini secara psikologis sangat tertekan beberapa hari ini,” ungkap Ikhwan Fahrozi selaku Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid Kabupaten, Rabu (20/5).

Dijelaskan Ikhwan, pemulangan OTG juga telah melalui pemeriksaan medis oleh tim Gugus Tugas. Termasuk melakukan pemantauan selama beberapa hari menjalani karantina dengan kondisi normal dan tetap berinteraksi seperti biasa.

“Mereka (OTG) sangat kooperatif dan justru mereka mengapresiasi Pemda dan petugas piket dalam melayani mereka. Kita mempertimbangkan karena menjelang lebaran, kita akan mengembalikan mereka ke tempatnya masing-masing,” kata Ikhwan.

Ia menjelaskan, pemulangan OTG telah dibicarakan dengan Kepala Desa dan Camat dimana mereka berasal. Sebagai penanggungjawab, Kepala Desa dan Camat dipastikan bersedia melakukan pengawasan selama masa swaisolasi yang akan dijalankan OTG pasca dipulangkan.

“OTG ini tidak reaktif walaupun masih harus menunggu hasil swab. Swab kenapa lama, karena kita tahu seluruh sampel swab dikirim ke pusat makanya sampai di kita terlambat,” jelas Ikhwan.

“Kita sudah koordinasi dengan Camat dan Kepala Desa untuk bersedia melakukan pengawasan kepada mereka pada saat kita kembalikan untuk swaisolasi sambil menunggu tanggal 26 (Mei) untuk melakukan swab kedua,” imbuhnya.

Ikhwan memastikan seluruh OTG yang menjalani swaisolasi tidak menunjukkan tanda atau gejala fisik menurun. Sama seperti pasien nelayan yang dapat dipulangkan dan dikabarkan telah beraktifitas seperti biasa.

“Kita berharap ini tidak ada yang positif agar nyaman dan aman merayakan Lebaran Idul Fitri 1441 H,” tutup Ikhwan yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Beltim. (msi)

Editor: Yudiansyah