4 Pasien Covid-19 Sembuh, Belitung Menuju Zona Hijau

by -
4 Pasien Covid-19 Sembuh, Belitung Menuju Zona Hijau
Bupati Belitung melepas kepulangan 4 pasien Covid-19 yang sudah sembuh usai menjalani solasi di pusat Karantina SKB) Tanjungpandan, Rabu (12/8).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dengan banyaknya kesembuhan, berarti Kabupaten Belitung segera menuju Zona Hijau virus Corona atau Covid-19. Empat dari lima pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi di pusat Karantina Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tanjungpandan, Belitung, sudah dinyatakan sembuh.

Kepulangan pasien 1260 inisial ABS laki-laki (25), pasien 1292 inisial ID laki-laki (47), pasien 1293 inisial SY laki-laki (36), dan pasien 1295 inisial PYS laki-laki (47), dilepas oleh Bupati Belitung H. Sahani Saleh, Rabu (12/8). Pasien masih yang diisolasi adalah perempuan berinisial FHS (24), pegawai Kantor Pelayanan Pajak Tanjungpandan.

Pelepasan pasien dua diantarannya Anggota DPRD Belitung ke rumah masing-masing, disaksikan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Dandim 0414 Belitung Letnan Kolonel Inf M. Akbar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Dian Farida dan Sekwan DPRD Belitung Kasimin.

“Sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kemenkes RI, Nomor HK 01.07/MENKES/413/2020, pasien dinyatakan sembuh, karena yang bersangkutan telah menyelesaikan isolasi di Pusat Karantina SKB Tanjungpandan,” kata Sahani Saleh kepada Belitong Ekspres.

Pria yang karib disapa Sanem menjelaskan keempat pasien itu sudah menjalani masa karantina masing-masing 22 hari dan 10 hari. Selama menjalani isolasi di Pusat Karantina SKB para pasien-pasien tersebut juga, tidak ditemukan gejala Covid-19 atau Asimptomatik. Semuanya dinyatakan sehat dan bebas Covid-19.

“Syukur Alhamdulillah, keempat pasien tersebut telah keluar dari Pusat Karantina SKB Belitung, dan hari ini saya lepas langsung kepulangan mereka. Dengan demikian sampai hari ini masih terdapat satu orang pasien positif Covid-19 di Belitung,” kata Sanem.

Oleh sebab itu, Sanem berharap kepada masyarakat untuk selalu mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan, serta senantiasa dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Selain itu, terus meningkatkan kewaspadaan, jangan lupa untuk memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan jangan suka berkerumun.

“Marilah bersama-sama bekerja keras untuk kembali memulihkan perekonomian Belitung. Pastinya kita berharap semoga Belitung Terindah, Covid-19 Terendah akan membawa kemashalatan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat,” tutup Sanem. (rez/dod)

Berikut empat pasien yang dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan:

1. Pasien dengan nomor ID 1260 berinisial ABS adalah seorang laki-laki yang bekerja di PLTU Suge beralamat di Gang Santai Desa Dukong. Terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Swab dengan TCM di RSUD dr. H. Marsidi Judono pada tanggal 2 Agustus 2020 dan langsung menjalani isolasi saat itu juga.

2. Pasien dengan nomor ID 1292 berinisial ID, adalah seorang laki-laki Anggota DPRD Kabupaten Belitung, beralamat di Dusun Ulu, Desa Sijuk. Terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Swab TCM di RSUD dr. H. Marsidi Judono pada tanggal 2 Agustus 2020 dan langsung menjalani isolasi.

3. Pasien dengan nomor ID 1293 berinisial SY, adalah seorang laki laki Anggota DPRD Kabupaten Belitung, beralamat di Jalan Bhineka Kelurahan Paal Satu. Terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Swab dengan TCM di RSUD dr. H. Marsidi Judono pada tanggal 2 Agustus 2020. Menjalani isolasi sejak tanggal 1 Agustus 2020.

4. Pasien dengan nomor ID 1295 berinisial PYS adalah seorang laki laki yang merupakan Juru Mudi Kapal Berkat Mandiri II. Terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Swab dengan TCM di RSUD dr. H. Marsidi Judono pada tanggal 2 Agustus 2020. Dia menjalani isolasi sejak tanggal tersebut.