40 Peserta Ambil Bagian Dalam Wisata Edukasi Tematik Nusantara di Belitong

by -
40 Peserta Ambil Bagian Dalam Wisata Edukasi Tematik Nusantara di Belitong
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Jasagung Haryadi memberikan arahan kepada peserta Wisata Edukasi Tematik Nusantara.

belitongekspres.co.id, SIJUK – Kegiatan Wisata Edukasi Tematik Nusantara Island Exploration di wilayah Provinsi Bangka Belitung sudah dimulai sejak Selasa (17/11) pagi kemarin. Sebanyak 40 peserta ikut dalam acara Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tersebut.

Mereka akan diinapkan di Hotel Swiss-Belresort hingga Jumat (20/11) mendatang. Para peserta akan mendapatkan beberapa pemaparan serta berkunjung untuk mengeksplore beberapa tempat wisata di Belitung. Dan peserta juga diwajibkan memposting ke media sosial mereka masing-masing.

Kegiatan diawali Pemaparan implementasi CHSE pada daya tarik wisata, pengembangan geopark dan geosite sebagai daya tarik wisata serta potensi pariwisata bahari di Belitung. Kemudian dilanjutkan workshop sustainable tourism, sharing pengalaman mendapatkan followers banyak yang berkualitas, serta teknik pembuatan foto dan video yang menarik untuk publikasi di sosial media.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Jasagung Haryadi berterimah kasih kepada Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas terlaksananya kegiatan itu. Sebab, Belitung menjadi wakil Provinsi Bangka Belitung. Di Indonesia ini hanya beberapa daerah digelar kegiatan ini.

“Hanya Sumatera Utara, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bangka Belitung yang kecil sedangkan yang lainnya daerah besar-besar, ya kita terimah kasih sudah di pilih,” kata Jasagung Haryadi kepada Belitong Ekspres.

Jasagung berharap para peserta ini bisa mengeksplore pariwisata ataupun destinasi wisata Belitung, sehingga secara promosi wisata lebih terekspos secara online. “Peserta diwajibkan untuk bikin itu, dan mereka juga diharapkan dengan diajarkan materi pengambilan foto maupun edit, akan lebih bagus kualitas pengambilan gambar,” jelasnya.

Maka dari itu, dengan mereka mengeksplore destinasi wisata Belitung keluar, sehingga semakin banyak yang mengenal indahnya Belitung. “Kita berharap mereka terjun di bidang pariwisata lah, dimana mereka peserta ini rata-rata pelajar ataupun mahasiswa,” tukasnya.

Selain itu, kata dia hal ini merupakan cara untuk membidik kaum milineal, bagaimana versi Pariwisata Belitung menurut mereka nantinya. “Mereka akan mengeksplore Belitung Timur besok, hari ke-3 ke Tanjung Kelayang dan sekitarnya, dan akan ke Belitung Selatan sekitarnya terutama Seliu, ada daerah yang akan dikembangkan,” pungkasnya. (dod)