400 Pedagang Pasar Tanjungpandan Mulai Disuntik Vaksin Covid-19

by -
400 Pedagang Pasar Tanjungpandan Mulai Disuntik Vaksin Covid-19
Suasana penyuntikan vaksin Covid-19 di Gedung Nasional, Tanjungpandan, Kamis (15/4)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sebanyak 400 pedagang yang berjualan di pasar di Kecamatan Tanjungpandan, mulai dilakukan vaksinasi Covid-19 oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung. Penyuntikan vaksin Covid-19 berlangsung di Gedung Nasional, Tanjungpandan, mulai Kamis (15/4).

“Vaksinasi terhadap pedagang Pasar Tanjungpandan dan Pasar Hatta selama 3 hari mulai Kamis (15/4) hingga Sabtu (17/4),” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Belitung, Joko Sarjono kepada Belitong Ekspres.

Joko menjelaskan, pihaknya menyediakan 40 vial untuk 400 orang pedagang. Dengan rincian hari pertama untuk 150 orang, kemudian hari kedua 100 orang dan hari terakhir 150 orang. “Targetnya menjelang lebaran mereka semua sudah divaksin, karena intensitas transaksi dengan pembeli akan semakin meningkat,” terangnya.

Menurut dia, pasar tradisional merupakan tempat yang paling susah diatur protokol kesehatannya, sementara di masjid dan tempat lain lebih mudah mengaturnya. Oleh karena itu, vaksin ini adalah salah satu upaya pencegahan covid dari klaster pasar tersebut.

“Tapi karena ketersediaan vaksin masih terbatas, belum semua pedagang pasar di Belitung mendapatkan vaksin. Sehingga lokasi pemberiannya harus diprioritaskan. Nanti kalau ada termin selanjutnya, baru diberikan vaksin untuk pedagang pasar lainnya,” sebut Joko.

Dia berharap dengan semakin banyaknya sasaran yang disuntik vaksin Covid-19, maka akan dapat membentuk kekebalan kelompok dalam mengantisipasi penularan virus ini. “Namun kami tetap mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol terutama masker karena masker ini sangat penting,” tandas Joko. (dod)