45 Anggota BPD Dilantik

by -

MANGGAR – Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim), Zarkani Mukri meresmikan dan mengambil sumpah 45 orang anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) masa keanggotaan 2015 – 2021. Anggota BPD yang diambil sumpah di Gedung Serba Guna Desa Padang Kecamatan Manggar, Selasa (28/7) kemarin, merupakan anggota BPD dari 9 desa pada 6 kecamatan hasil pemekaran tahun 2009.

Ke 45 anggota BPD yang dilantik yakni dari Desa Mekar Jaya dan Bentaian Jaya Kecamatan Manggar, Desa Burong Mandi Kecamatan Damar, Desa Aik Madu Kecamatan Simpang Renggiang, Desa Batu Penyu, Lenggang dan Limbongan Kecamatan Gantung, Desa Dukong Kecamatan Simpang Pesak dan Desa Balok Kecamatan Dendang.

Pelantikan ini sengaja dilakukan secara bersama-sama agar lebih hemat dan praktis. Selain itu, para anggota BPD dan pihak desa juga sudah sepakat untuk melakukan pelantikan di Desa Padang supaya tidak terlalu repot.

Dalam pidato sambutannya Wakil Bupati Beltim berharap kepada anggota BPD yang baru dilantik agar dapat memahami tugas dan kewajiban BPD. Ia juga meminta agar BPD selalu menjaga hubungan baik dengan aparatur desa.

“Yang pertama dan terpenting sebagai anggota BPD dapat memahami tugas dan kewajiban yang ada. Yang ke dua jangan serta merta hanya melaksanakan kewajiban di atas kertas, tapi banyak hal-hal yang bersifat sosial di tengah-tengah  masyarakat desa yang luput dari perhatian. Terus jaga kekompakkan dengan Kades dan aparatur desa lainnya,” pintanya.

Mantan Kades Suka Mandi Kecamatan Damar ini juga menyatakan tidak masalah jika Anggota BPD tidak selalu ke kantor. Namun Ia tetap menekankan agar BPD tetap mensyukuri tunjangan BPD yang ada di setiap desa.

“Mereka ini kan sebagai jabatan formal, wakil pemimpin yang ada di desa, dak masalah tidak ngantor. Cuman jangan sampai tidak pernah datang ke kantor, yah minimal adalah 2-3 kali sehari digilir mengunjungi kantor. Tunjangan sudah ada dari negara disyukuri apa yang ada,” tutup Zarkani. (feb/hms)