48 Pelaku UKM di Belitung Terima Sertifikat Halal Gratis

by -
Pelaku UKM di Belitung Terima Sertifikat Halal Gratis
Kabid Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Mula Samosir.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sebanyak 48 pelaku UKM di Belitung mendapatkan Sertifikat Halal gratis dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Provinsi Babel, Senin (5/8). Kegiatan ini digelar di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Belitung.

Kabid Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja (Diskopernaker) Kabupaten Belitung Mula Samosir mengatakan, penyerahannya sertifikat gratis ini merupakan bentuk sinergitas Pemkab Belitung dengan Dinas Koperasi dan KUMKM Provinsi Babel.

“Adpun tujuannya dalam rangka menjadikan Belitung sebagai daerah yang memiliki produk-produk halal. Selain itu, juga untuk memberikan bimbingan kepada meraka (pelaku UKM,red) dalam mengelola produk-produknya,” jelas Mula kepada Belitong Ekspres.

Dikatakannya, masa berlaku sertifikat halal hanya 2 tahun. Kemudian apa bila telah habis masa berlakunya, para UKM diharapkan dapat melanjutkan atau memperpanjang sertikat itu secara mandiri.

“Tahun ini sudah di program pada bulan Nopember, Pemkab Belitung juga akan memberikan 30 sertifikat halal kepada para Pelaku UKM yang sudah terdata,” ujarnya.

Mula menambahkan, Pemkab Belitung saat ini sedang menggodok Perda Halal yang nantinya akan disampaikan pada sidang Paripurna di DPRD Belitung. Sehingga hal itu memberikan kepastian untuk produk-produk halal di Negeri Laskar Pelangi.

“Nanti akan di tata, termasuk juga untuk sangsi nya. Kemudian pada tahun ini, kita juga sedang berupaya agar produk UKM Belitung bisa masuk ke dalam pasar global dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)- Indonesia Eximbank (IEB) sangat mendukung dan mensuport hal tersebut,” tutupnya. (rez)