5 Karyawan Sawit Terpapar, 1 Pegawai Kemenag Beltim Positif

by -
5 Karyawan Sawit Terpapar, 1 Pegawai Kemenag Beltim Positif
Kantor Kemenag Beltim nampak tutup usai dikabarkan adanya pegawai terkonfirmasi positif Covid-19.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Sebanyak 5 orang karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Kelapa Kampit dan 1 pegawai Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Beltim positif terpapar virus Corona atau Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Beltim, Ikhwan Fahrozi melalui siaran pers, Senin (28/12). Awalnya, pada tanggal 18 dan 20 Desember 2020 dilakukan pemeriksaan Swab PCR terhadap 13 orang yang bergejala mengarah ke Covid-19 dan hasil pemeriksaan rapid test Antigen Positif.

Kemudian pada tanggal 21 Desember 2020 spesimen pasien dikirim ke Labkesda Provinsi Babel di Pangkalpinang. “Pada hari ini Senin tanggal 28 Desember 2020 didapatkan hasil sebagai berikut, Ny RA (23), Ny A (32), Tn MM (29), Ny DK (24), Ny G (40), dan Tn SS (57) terkonfirmasi positif Covid-19,” terang Sekda Beltim.

Sekda menjelaskan, Ny RA beralamat di Desa Mayang, Ny A beralamat di Desa Mengkubang, Tn MM beralamat di Desa Senyubuk, Ny DK beralamat di Desa Mengkubang, Ny G beralamat di Desa Senyubuk. Kelima orang tersebut merupakan karyawan dari salah satu perusahaan perkebunan Kelapa Sawit di Kelapa Kampit. Saat ini mereka sedang menjalani isolasi di tempat isolasi yang telah disediakan oleh perusahaan yang bersangkutan.

“Sedangkan Tn SS beralamat di Desa Padang Kecamatan Manggar yang merupakan ASN di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Beltim. Pada saat ini sedang pasien menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Beltim,” ujar Ikhwan.

Selain itu, lanjut Sekda, pada hari Senin (28/12) kemarin, juga terdapat 1 orang pasien atas nama Tn TK yang dinyatakan sembuh, karena sudah melakukan isolasi mandiri selama 12 hari. Yang bersangkutan sudah bisa beraktifitas kembali seperti biasa.

“Dengan bertambahnya 6 orang pasien terkonfirmasi ini, maka di Kabupaten Beltim jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sampai saat ini 35 orang. Rinciannya 28 orang sudah sembuh, 1 orang sedang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Beltim dan 6 orang masih menjalani isolasi mandiri,” jelasnya.

Kemudian hasil tracking dari pasien tersebut hingga saat ini sebanyak 132 sample swab sedang menunggu hasil pemeriksaan dari Labkesda Provinsi Babel.

“Covid-19 ini semakin berdampingan di kehidupan sehari-hari, tentunya kita harus menjaga kesehatan dan mem-protect diri agar terhindar dari virus ini. Kedisiplinan diri dalam menjaga kesehatan menjadi sangat penting mengingat bahaya dan dampak yang ditimbulkan oleh Covid-19 sangatlah luas,” harapanya.

Ikhwan juga menghimbau agar menjadi perhatian bersama untuk saling menjaga dan menjalankan protokol kesehatan. Jangan menganggap remeh virus ini, setiap orang tidak memiliki kekebalan tubuh yang sama, jagalah diri dan keluarga.

“Sekali lagi Saya menghimbau bagi siapa saja yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 tersebut diharapkan segera melaporkan diri ke Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Beltim atau pusat layanan kesehatan masyarakat lainnya. Keterbukaan dan kejujuran diri sangatlah penting sehingga nantinya akan mudah mendeteksi orang-orang yang pernah berinteraksi dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,” pungkas Ikhwan. (dny)