5 Khasiat Serai untuk Menjaga Kesehatan

belitongekspres, Serai memang kerap digunakan ibu rumah tangga sebagai penyedap masakan karena dapat menambah wangi dan cita rasa pada masakan.

Tapi tahukah Anda bila serai juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan? Serai sebetulnya memiliki sumber-sumber vitamin dan gizi seperti vitamin A dan C, asam folat, magnesium, zat besi, kalium, fosfor dan kalsium.

RajaBackLink.com

Tidak hanya vitamin dan energi saja, serai juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan, antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik dan insektisida.

Daun, batang dan umbi serai sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat kesehatan dari serai, seperti dilansir laman Care2, Selasa (29/1).

1. Antikanker

Penelitian dalam International Journal of Oncology menemukan bahwa minyak atsiri serai menunjukkan efektivitas anti kanker terhadap kanker paru-paru, ketika digunakan sendiri atau bersama dengan perawatan onkologi lainnya.

2. Track urinary soother

Serai banyak digunakan oleh praktisi kesehatan alami untuk kapasitas penyembuhan saluran kemih. Buat teh serai dengan memotong satu hingga dua tangkai serai dan tambahkan ke dalam satu liter air dan didihkan selama setidaknya 45 menit.

Saring dan minum tiga cangkir teh serai setiap hari untuk mengatasi infeksi saluran kemih atau sebagai bagian dari strategi meluruhkan batu ginjal yang lebih besar.

3. Penangkal nyamuk

Sementara kebanyakan orang menyukai aroma serai yang harum, nyamuk justru membencinya. Serai adalah sifat pengusir nyamuk yang efektif.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Vector Ecology, para peneliti menemukan bahwa minyak atsiri serai sangat efektif terhadap spesies nyamuk yang diuji.

4. Antibakteri

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Applied Microbiology and Biotechnology, minyak serai esensial ditemukan sangat antibakteri, bahkan terhadap beberapa strain bakteri yang resistan terhadap obat.

Strain bakteri yang resistan terhadap obat adalah obat antibiotik yang tidak lagi bekerja atau tidak begitu manjur lagi. Karena resistensi antibiotik menjadi masalah yang semakin meningkat terhadap bakteri dan infeksi yang ditimbulkannya, maka semakin penting untuk mengetahui opsi alami yang mungkin berhasil.

5. Regular tekanan darah

Serai digunakan oleh banyak herbalis untuk membantu mengatur tekanan darah dan kolesterol serta untuk meningkatkan kesehatan jantung. Untuk mencapai tujuan ini, minum 3 cangkir teh serai setiap hari seperti yang disebutkan di atas.(fny/jpnn)

author

Author: 

Leave a Reply