5 Langkah Rencanakan Liburan, Hemat dengan Uang Pas-Pasan

by -
5 Langkah Rencanakan Libur dengan Uang Pas-Pasan
ILUSTRASI. Liburan di Great Asia Afrika, Lembang Bandung.

belitongekspres.co.id, Liburan itu penting. Tak dimungkiri biasa liburan memang butuh biaya yang mencukupi agar berjalan dengan lancar. Maka dari itu, mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh hari sangat diperlukan.

Tapi bukan berarti bagi Anda yang punya bujet atau keuangan pas-pasan tidak bisa menikmati liburan sesuka hati. Semua itu bisa diwujudkan dengan strategi dan pengaturan rencana liburan yang tepat.

Seperti apa caranya? Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan hanya dengan uang pas-pasan, simak tips berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (23/2).

1. Tentukan akan Liburan ke Mana dan Berapa Lama?

Hal pertama yang harus diputuskan terlebih dahulu adalah tujuan liburan nanti. Anda bisa saja memilih destinasi liburan di dalam negeri atau bahkan luar negeri sekalipun, selama memiliki cuti yang cukup untuk menikmatinya.

Selain itu, tentukan juga berapa lama perjalanan liburan yang akan Anda tempuh nanti. Jika memilih destinasi liburan di luar negeri, maka hal ini mungkin saja akan membutuhkan waktu yang lebih panjang.

Jangan lupa untuk menyesuaikan tujuan dan waktu liburan ini dengan jadwal kerja serta aktivitas Anda yang lain. Jika sudah bekerja, pastinya Anda harus mendapatkan cuti yang memadai untuk menikmati liburan tersebut.

Jangan sampai liburan terganggu, hanya karena cuti yang pendek atau bahkan tidak bisa diambil sama sekali di hari “H” nya nanti. Mengajukan cuti sejak jauh-jauh hari merupakan keputusan tepat dan wajib kamu lakukan setelah menentukan tujuan dan waktu liburan ini.

Hal yang perlu diingat adalah pentingnya menentukan destinasi, apakah ke luar negeri atau hanya di dalam negeri, harus sesuai dengan keuangan karena tentunya ada destinasi liburan yang membutuhkan biaya mahal. Begitu juga dengan berapa lama Anda akan menghabiskan waktu untuk berlibur, sebab semakin lama liburan tentunya butuh biaya yang lebih besar pula.

2. Hitung Berapa Bujet yang akan Anda Butuhkan Nanti?

Jika sudah menentukan tujuan dan waktu yang akan Anda habiskan untuk liburan, maka mulailah menghitung bujet yang dibutuhkan. Cari informasi akurat mengenai perkiraan bujet liburan ini, sehingga Anda bisa mempersiapkannya dalam jumlah yang paling tepat.

Ada banyak komponen biaya yang harus kamu masukkan di dalam anggaran liburan Anda, seperti biaya tiket, hotel, transportasi selama liburan, biaya makan, oleh-oleh, dan yang lainnya.

Alokasikan juga sejumlah dana ke dalam pos biaya tidak terduga, sebab selalu ada risiko Anda harus mengeluarkan bujet lebih selama berlibur nanti. Jumlahnya bisa disesuaikan dengan bujet lainnya, misalnya 15-20% dari total anggaran liburan nanti. Siapkan bujet dalam jumlah yang tepat, agar Anda bebas masalah keuangan setelah liburan nanti.

3. Destinasi Apa Saja yang akan Dikunjungi Nanti?

Meski tempat yang akan Anda kunjungi menyediakan berbagai destinasi wisata yang menarik, bukan berarti Anda harus mendatangi semuanya. Tentukan sejak awal destinasi mana saja yang akan dikunjungi.

Sehingga Anda bisa menghitung besaran biaya yang kamu butuhkan untuk ke sana. Pilih destinasi yang tepat dan bisa dikunjungi dengan mudah menggunakan biaya yang hemat, agar budget liburanmu bisa ditekan dengan baik.

4. Siapkan Tiket dan Akomodasi Lebih Awal

Jangan membeli tiket di saat-saat terakhir sebelum keberangkatan, sebab hal ini beresiko membuat Anda mengeluarkan lebih banyak uang untuk kebutuhan tersebut. Jika sudah fix akan berlibur dan menyusun rencana yang matang, maka segera siapkan tiket perjalanan dan akomodasi lainnya yang dibutuhkan selama liburan nanti. Selain lebih nyaman, hal ini juga akan menghemat banyak bujet liburan.

5. Mulai Berhemat dan Siapkan Dana Liburan dari Jauh Hari

Jika sudah merencanakan liburan dengan baik, maka segera siapkan semua dananya. Alokasikan dana liburan Anda ke dalam rekening khusus, sehingga uang tersebut tidak mencampuradukkannya dengan dana lainnya.

Lakukan penghematan di dalam keuangan dan pangkas berbagai pengeluaran yang tidak begitu penting, agar Anda bisa mengalokasikan lebih banyak uang untuk kebutuhan ini.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan investasi di dalam keuangan, sehingga bisa mendapatkan sejumlah keuntungan yang dapat dialokasikan sebagai dana liburan. Pilih instrumen investasi jangka pendek yang tepat, agar aktivitas ini bisa memberikan imbal hasil cepat untuk mendukung rencana liburan nanti. (JPC)

Editor: Yudiansyah