5 Plt Dinas Segera Dilelang

by -

* DPU, Dispenda, DPKAD, Plt Direktur RSUD dan Plt Dishubkominfo
*Hari ini Rencana Pengumuman Resmi

TANJUNGPANDAN-Proses pelaksanaan lelang atau seleksi jabatan terbuka bagi seluruh pejabat Plt yang masih menjabat di SKPD Belitung, rencananya akan digelar pada minggu-minggu ini. Bahkan, kabarnya, mulai  Senin hari ini (9/3) sudah dimulai prosesnya dengan pengumuman resmi dari Badan Kepegawaian Pendidikan  dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Belitung.
Proses lelang jabatan yang kini mulai diproses itu menyusul telah dilantiknya lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung oleh Bupati Belitung Sahani Saleh, pekan lalu Jumat, 6/3). Dengan percepatan proses lelang jabatan sejumlah posisi yang masih Plt (pelaksana tugas) tersebut, sinergi di pemerintahan segera berjalan maksimal.
“Ada jabatan yang sekarang memang perlu sebuah promosi. Seperti halnya ada lima Plt dinas yang akan dilelang nantinya yakni, Plt Dinas Pekerjaan Umum, Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah), DPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah), Plt Direktur RSUD dan Plt Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika,” Kata Bupati Belitung.
Selain itu, kata Bupati, ada juga beberapa jabatan eselon III yang akan dipromosikan.  Mulai dari eselon IV ke Eselon III.  “Hari Senin (9/3 hari ini,Red) sudah keluar pengumuman dan tim seleksi sudah mulai terbentuk. Jadi, setelah pengumuman berjalan selama dua minggu, langsung dilakukan tes. Mungkin, bulan April 2015 mendatang, kita sudah bisa melantik,” ujarnya.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres Jumat (6/3) pekan lalu, sebanyak 45 pejabat ikut dilantik Bupati. Yakni dari eselon II berjumlah lima orang, eselon III berjumlah dua belas orang, eselon IV ada dua puluh enam orang serta Kepala Sekolah berjumlah tiga orang.
Sementara sejumlah kalangan menyambut baik adanya proses lelang jabatan, khususnya sejumlah kepala dinas, termasuk direktur RSUD. Dengan adanya lelang jabatan ini, akan membuka kompetisi yang sehat dan proses promosi jabatan publik berjalan transaparan dan fair.
“Kami sebagai warga masyarakat menyambut baik dengan inisiatif Bupati dalam melelang jabatan. Sebagai Bupati harus berani mengambil terobosan agar pemerintahan berjalan maju ke depan dan proses pembangunan berlangsung maksimal dengan kinerja yang terukur,’’ ungkap salah satu warga  masyarakat yang bergelut di dunia pendidikan ini.
Seperti diketahui, belum lama ini pun, DPRD Provinsi Bangka Belitung juga menyatakan kritikan tajam terhadap status direktur RSUD yang masih Plt. Dengan status Plt ini dikhawatirkan berjalannya organisasi RSUD sebagai pelayan kesehatan masyarakat yang strategis tidak berjalan maksimal. Termasuk soal progres peningkatan grade RSUD Belitung agar bisa memberikan layanan kesehatan pada masyarakat yang lebih baik.(mg2)