50 Ribu Turis Saksikan GMT di Belitung

by -

*Menpar Puji Antusiasme Masyarakat dan Wisatawan Saksikan GMT

foto A- gmt
Ribuan warga yang memadati Pantai Tanjung Kelayang, tak jauh dari titik pengamatan GMT yang disiapkan panitia Pemda. INSERT: Menpar Arief Yahya, Menhub Ign Jonan, Gubernur Rustam Effendi, Bupati Sahani Saleh, Anggota DPD RI Tellie Gozelie saat menyaksikan GMT.

SIJUK-Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya menyaksikan langsung fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) di Pantai Tanjung Kelayang, Rabu (9/3) pagi kemarin. Menurut data yang dihimpun oleh tim Kementerian Pariwisata, pengunjung di lokasi kawasan even GMT mencapai 50 ribu orang.
“Luar biasa, pengunjung di lokasi ini (Tanjung Kelayang,Red) biasanya paling banyak 5000 orang. Kini ada sepuluh kali lipatnya mencapai 50 ribu orang. Sungguh membanggakan dan inilah Belitung yang akan jadi Bali baru,’’ ucap Menpar Arief Yahya yang sebelumnya ikut Salat Gerhana berjamaah di lokasi Pendopo Tanjung Kelayang.
Pantauan Belitong Ekspres pagi kemarin, Menpar salat bersama Gubernur Provinsi Babel, Bupati Kabupaten Belitung, Wakil Bupati Belitung, dan para pejabat daerah lainnya. Salat gerhana ini dipimpin imam Kepala Kementerian Agama Belitung, H Muhamadiah dan khotib Wabup Belitung H Erwandi A Rani.
Usai salat, Menpar langsung menyaksikan fenomena langka tersebut yang ditunggu ribuan pengunjung masyarakat lokal, wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara yang memadati lokasi pantai.
Menpar Arief Yahya mengatakan, fenomena alam langka ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk membangun Monumen Destinasi Waktu di Pantai Tanjung Kelayang. Monumen Destinas Waktu ini kata dia, berfungsi untuk kelanjutan pengembangan pariwisata Belitung ke ke depan. Terutama untuk 50 tahun bahkan 100 tahun mendatang.
“Maka dari itu, bangun monumen destinasi waktu di Tanjung Kelayang, kita resmikan pada momen GMT 2016 ini,” kata Menteri Arief Yahya kepada  wartawan, usai melakukan pengamatan GMT, yang tak meleset dari waktu yang diperkirakan.
Pada kesempatan itu, Menpar juga mengungkapkan kegagumannya terhadap animo masyarakat dan wisatawan yang luar untuk menyaksikan momen GMT di Pulau Belitung.
Melihat antusias ini, Menpar Arief mengaku sampai kehabisan kata-kata untuk mengutarakan kekagumannya atas pariwisata Belitung. “Satu kata, menakjubkan, wonderful,” sebut Menpar.
Arief juga memprediksi tingkat kunjungan wisatawan ke Belitung melonjak drastis selama momen Gerhana Matahari Total (GMT). Ia memperkirakan ada sekitar sebanyak 50.000 lebih wisatawan yang datang ke belitung.
“Tingkat kunjungan saat momen GMT ini, saya rasa melebihi target dari 50.000, untuk wisatawan mancanegaranya saja, lebih dari 1000,” kata Arief. (yud)