53 IUP di Beltim Terancam Dicabut

*Dikembalikan DPE Babel, Batas Cnc Akhir Desember

MANGGAR –Sebanyak 53 dari 117 Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Kabupaten Belitung Timur dikembalikan oleh Dinas Pertambangan dan Energi (DPE) Provinsi Bangka Belitung. 53 IUP tersebut dikembalikan karena belum lengkapnya dokumen yang disiapkan untuk menyelesaikan syarat-syarat agar izin bisa di Clean and Clear (CnC).
Hali itu diungkapkan Plh Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Beltim, Harli Agusta didampingi oleh Kabid Pertambangan Umum Beltim, Nofis Ezwar, saat ditemui di ruang kerjanya Jumat (19/12) pagi kemarin.

iklan swissbell

Pria yang akrab disapa Kecang, mengatakan sebelumnya mereka sudah menyerah 117 IUP yang dideadline KPK untuk melakukan pengkajian ulang terkait IUP seluruh perusahaan tambang yang ada di Babel, ke DPE Provinsi Babel beberapa waktu.
“Senin depan, ke 53 IUP yang dianggap masih belum lengkap, akan kita serahkan langsung ke Pusat melalui Dirjen Minerba dan akan dilakukan CnC oleh Dirjen Minerba dan juga KPK. Kekurangan kelengkapan tersebut sebenarnya hanyalah permasalahan peta dan juga selebihnya lisensi tumpang tindih yang harus adanya pernyataan dari pihak lainnya. Dan itu pun jika ada perusahaan dalam satu lokasi ada dua bahan galian yang berbeda,” ujar Kecang.
Sementara itu Kabid Pertambangan Umum, DPE Beltim, Nofis Ezwar menambahkan Dirjen Minerba Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) juga sudah mengingatkan perusahaan untuk segera menyelesaikan syarat-syarat agar izinnya bisa di CnC. Sebab, pemerintah tak segan-segan melakukan penyetopan tambang, hingga semuanya dilakukan kelengkapan dukumen agar memenuhi syarat CnC itu.

Baca Juga:  Sat Sabhara Polres Belitung Juara Lomba Masak Nasgor

“Saat ini dalam proses CnC, nantinya akan kita evaluasi kembali proses CnC-nya. Dari itu bila tidak CnC maka akan dikembalikan ke negara,dengan batas akhir Desember dan bila tidak izin akan distop dan selanjutnya dicabut,” tegas Nofis kemarin usai Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Minerba di Lantai III Kantor Gubernur Babel.
Di sisi lain DPE Beltim sangat optimis bahwa dari 117 IUP yang ada di Beltim akan segera bisa melengkapi semua syarat syarat untuk CnC tersebut. “Semuanya diyakini masih dalam tahap melengkapi saja. Ini tentunya semoga bisa dikejar hingga batas waktu 31 Desember mendatang, dan itu batasan akhir,”ungkapnya.

Baca Juga:  Pedagang Jual di Atas HET , Polisi Siapkan Sanksi Tegas

Sementara itu jumlah IUP yang belum CnC dan dikembalikan berkasnya untuk di Provinsi Babel ada 400 IUP Karena itulah Sekretaris Dirjen Minerba sewaktu memberikan masukan pada Rakor Minerba lalu meminta permasalahan ini harus diselesaikan dengan duduk bersama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Pusat.

Disebutkan juga ada 22 item persyaratan lisensi CnC yang mesti dipenuhi perusahaan dan sifatnya tidak bisa ditawar. Ke-22 item itu adalah undang-undang semua, jadi itu ketentuan undang-undang. Jadi kalau salah satu tidak terpenuhi dipastikan tidak bisa CnC dan itu bukan persyaratan pilihan tapi sifatnya mandatori atau bersifat keharusan. (feb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: