6 ABG Mabuk Tuak Diamankan Satpol PP

by -
6 ABG Mabuk Tuak Diamankan Satpol PP
Barang bukti miras yang diamankan Satpol PP Beltim dari pelaku.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Peredaran minuman keras jenis tuak dan arak di wilayah Belitung Timur sangat memprihatinkan. Konsumen miras fermentasi itu, bukan hanya kalangan orang dewasa tapi menyasar Anak Baru Gede (ABG).

Upaya membuat efek jera sebenarnya telah dilakukan Satpol PP Kabupaten Beltim dengan putusan Pengadilan Negeri beberapa hari lalu. Nyatanya, anggota Deteksi Dini dan Regu Patroli wilayah Manggar, lagi-lagi mendapati enam orang ABG sedang berpesta miras di kawasan wisata Taman Kota Manggar, Rabu (5/26) malam.

Hal ini sangat disesalkan Kasatpol PP Beltim Zikril sembari menegaskan penindakan hukum tetap dijalankan. Ditemui Belitong Ekspres, Kamis (5/27), Zikril menyebut kasus konsumsi miras yang disidangkan Pengadilan Negeri Tanjungpandan baru saja diputus bersalah dengan denda Rp. 7,5 juta subsider 3 bulan kurungan.

“Belum genap tiga hari pasca putusan Pengadilan Negeri Tanjungpandan dari rangkaian kasus maraknya remaja dan ABG mengkonsumsi minuman berakohol jenis tuak, arak dan bahan campuran lainnya, Satpol PP Beltim kembali memergoki 6 ABG dan orang dewasa sedang mabuk tuak, arak dan jenis bir kaleng,” bebernya.

Menurutnya, upaya mengantisipasi peredaran miras oleh Satpol PP Beltim yang dilaksanakan anggota Deteksi Dini dan Regu Patroli Wilayah Kecamatan Manggar mengamankan pelaku dan barang bukti miras sisa konsumsi.

“Selanjutnya mereka dibawa ke kantor Satpol PP untuk melengkapi data keterangan tentang asal usul barang bukti dan jaringan konsumen, distributor dan produsen barang bukti,” jelas Zikril.

Zikril menegaskan, jajarannya tidak akan berhenti sebatas razia dan pendataan terhadap pelaku yang tertangkap mengkonsumsi miras. Lebih jauh, dirinya memastikan proses hukum tetap dijalankan bagi pelaku. (msi)