64 PPL Babar Dilantik

by -

MUNTOK – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bangka Barat (Babar), Ujang Adhari melantik 64 orang anggota Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) Kabupaten Bangka Barat (Babar), Selasa (12/8). PPL diharapkan bisa bekerjasama dengan PPS, Babinsa, Babinkamtibmas dan aparatur desa dalam menjalankan fungsinya.
“PPL memiliki peranan penting terhadap kelancaran pelaksanaan pilkada di Babar Desember mendatang. Karena PPL memiliki tugas dan wewenang untuk mengasil setiap tahapan pelaksanaan pilkada di yang ada di desa masing-masing,” kata Ujang Adhari saat ditemui usai pengambilan sumpah dan janji 64 PPL Panwaslu, Rabu (12/8).
Tugas PPL, kata Ujang, diantaranya mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilihan di tingkat Desa dan Kelurahan. Selain itu, memantau pemutakhiran data pemilih berdasarkan data kependudukan, penetapan daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan dan daftar pemilih tetap. “Yang terpenting juga yakni memantau pelaksanaan kampanye, perlengkapan pemilihan dan pendistribusiannya serta memantau pelaksanaan pemungutan suara dan proses penghitungan suara di setiap TPS,” ujar dia.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Babel, Zulteri Apsupi berharap Panwascam dan PPL agar lebih giat turun ke lapangan. “Itu tugas yang langsung kepada masayarat. Selain itu, perkuat hubungan dengan instansi lain agar lebih mudah dalam pelaksanaan tugas,” imbuh Zulteri. (ray)