75 Hektar Hutan di Kabupaten Bangka Terbakar

by -

SUNGAILIAT – Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bangka, Suhodo menyatakan, pihaknya berhasil mencatat seluas 75 hektar kawasan hutan terbakar.
“Sampai dengan sekarang, kami berhasil mencatat seluas kurang lebih 75 kawasan hutan yang tersebar di beberapa kecamatan terbakar dari luas total hutan di Kabupaten Bangka. Sesuai data tahun 2011, kawasan hutan sesuai fungsinya seluas 100.514,60 Ha yang terdiri dari hutan produksi tetap seluas 65.091.56 Ha, hutan lindung seluas 18.097,20 Ha dan hutan konservasi 17.325,84 Ha,” katanya, Senin (21/9).
Ia mengatakan, dari 75 hektar kawasan hutan yang terbakar tersebut sebagian besar berada di kawasan hutan Kecamatan Riau Silip dan Kecamatan Belinyu, karena dua wilayah kecamatan itu memiliki kawasan hutan yang cukup luas dibanding wilayah kecamatan lainnya.
“Dari total kawasan hutan yang mencapai 969 hektar terdiri dari dari hutan konservasi dan hutan lindung,” katanya.
Dia menduga terjadinya kebakaran di kawasan hutan akibat adanya unsur kesengajaan oleh manusia dengan alasan perluasan perkebunan atau alasan lainnya. “Saya menduga, terjadinya kebakaran di sejumlah kawasan hutan adanya unsur kesengajaan manusia dengan berbagai alasan,” katanya.
Menurut dia, sesuai dengan ketentuannya yang berlaku, pelaku pembakaran hutan dapat dikenai sanksi pidana dan pihaknya bekerjasama dengan kepolisian untuk melakukan pengawasan dan penindakan atas pelaku pembakaran hutan. (Ant/RB)