8 Cara Mudah Wujudkan Resolusi Hidup Sehat pada 2020

by -
8 Cara Mudah Wujudkan Resolusi Hidup Sehat pada 2020
ILUSTRASI. Salah satu resolusi pada 2020 yang bisa dilakukan adalah hidup sehat. Sebab, ancaman penyakit mengintai kaum muda. (istimewa)

belitongekspres.co.id – Tahun 2020 saatnya sadar untuk hidup lebih sehat. Berbagai penyakit yang semakin menghantui karena pola hidup yang tak sehat, harus mulai diantisipasi. Berjanjilah pada diri sendiri untuk mewujudkan resolusi tersebut. Apalagi jika obesitas sudah mulai menjadi ancaman.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa (31/12), tahun 2019 boleh saja gagal dalam upaya menurunkan berat badan. Tapi tekad yang bulat akan bisa mewujudkan hal itu pada 2020.

Ahli gizi dari Sydney, Australia, Jessica Sepel, berbagi 8 resolusi sehat sederhana. Tips dari dia akan membuat tubuh lebih sehat dan lebih mudah menghancurkan lemak.

1. Mulai dari Hal Kecil

Setiap tahun, banyak yang ingin memulai gaya hidup sehat saat awal tahun baru tetapi hasilnya dengan mudahnya cepat layu atau kendur. Jessica menyarankan untuk melakukan penyesuaian kecil setiap minggu tapi harus berkelanjutan.

Misalnya memotong asupan minuman manis satu cangkir per hari. Jangan terlalu menciptakan angka yang muluk-muluk.

“Mulailah melihat kesehatan sebagai gaya hidup jangka panjang, bukan hanya fase jangka pendek atau perbaikan super cepat,” katanya.

2. Jangan Melewatkan Waktu Makan

Jessica menjelaskan bahwa melewatkan waktu makan dapat menyebabkan rasa lapar dan rakus makan berlebihan sesudahnya. Sebagai gantinya, dia menyarankan untuk makan secara teratur dan memasukkan semua kelompok makanan untuk setiap makanan secara seimbang dari karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

3. Ganti Bahan Makanan

Cobalah mengganti bahan makanan yang lebih sehat. Misalnya mengganti roti putih atau pasta dengan varietas gandum.

“Jangan pernah membatasi diri dengan berlebihan. Tidak ada yang namanya diet sempurna, tapi membatasi secara wajar,” katanya.

4. Masak di Rumah

Daripada makan di luar dan memesan makanan siap saji, Jessica menyarankan agar mencoba memasak di rumah secara teratur untuk memastikan kandungan makanan tetap sehat. Tidak tinggi garam, gula, dan lemak.

5. Lakukan Hal-Hal Sehat

Jessica mengatakan lakukan hal-hal sehat seperti melakukan yoga, menjadwalkan waktu istirahat dan memahami tubuh. Gaya hidup sehat adalah pilihan. Mempertahankan gaya hidup sehat untuk jangka panjang.

6. Cukup Minum Air Putih

Saran ini sering diremehkan. Padahal tubuh kita terdiri dari sebagian besar air. Bawalah botol minum setiap hari.

7. Istirahat Cukup dan Cegah Stres

Jessica mengatakan stres berkontribusi pada kesehatan usus yang buruk dan berbagai macam penyakit. Sehingga sangat penting untuk memberi tubuh waktu untuk istirahat. Dia menyarankan tubuh harus cukup istirahat dari berolahraga, Me Time bertemu teman, istirahat sejenak dari media sosial atau bahkan tidur siang.

8. Olahraga

Jessica menyarankan untuk mencari olahraga yang benar-benar Anda sukai. Apapun yang dijalani sesuai hobi, pasti akan mudah dilakukan.

“Baik itu yoga, pilates, renang, HIIT atau boot camp, bergeraklah dengan cara Anda cinta agar bisa menghargai tubuh,” katanya. (jpg)

Artikel ini sudah dimuat di Jawapos.com dengan judul 8 Cara Mudah Wujudkan Resolusi Hidup Sehat pada 2020