8 Orang Positif Konsumi Narkoba

by -

*Hasil Razia Tim Gabungan BNN Provinsi Babel

foto A

Kegiatan razia yang dilakukan BBN Provinsi Babel, BNN Kabupaten Belitung dan pihak Polres Beltim di salah satu tempat hiburan malam di Kota Manggar, Jumat (11/9) malam.

MANGGAR – Sebanyak delapan orang pengunjung dari sejumlah tempat hiburan malam (THM) di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) positif menggunakan narkoba jenis ektasi dan sejenisnya. Delapan pengguna narkoba yang terdiri dari dua orang perempuan dan lima orang laki-laki, yaitu Er (32) dan Fl (48) Mj (32), Im (22), Hs (41), Dp (25), Sa (21) dan Hd (42).

Mereka terjaring tim gabungan BNN Provinsi Bangka Belitung (Babel) bersama BNN Kabupaten Belitung, dibantu Polres Beltim, Jumat (11/9) malam pekan lalu. Salah satunya, di THM diskotik yang berada di jantung Kota Manggar. Setelah diakukan tes urin hasilnya mereka positif mengkonsumi narkoba.

“Meski barang bukti tidak kita temukan, namun dari delapan orang yang kita lakukan tes urine, diduga positif menggunakan ekstasi dan obat obatan lainnya,” ungkap Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi S.ik melalui Kasat Narkoba Polres Beltim, AKPAnton Sinaga, usai razia.

Tempat hiburan malam, diskotik, cafe dan sejenisnya kata dia, rawan akan peredaraan narkoba. Makanya, semua THM dirazia untuk mempersempit ruang gerak penyalahguna narkoba tersebut.

“Mereka yang terkena razia, sempat kita bawa ke Mapolres Beltim, untuk dimintai keterangan, pemeriksaan dan himbauan,” terang Anton

Setelah usai dimintai keterangan dan pemeriksaan, para pengguna narkoba hanya diberikan rawat jalan dan wajib menjalani rehabilitasi di Puskesmas Tanjung Binga Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung.

“Mereka kita wajibkan satu kali seminggu, dengan 10 kali pertemuan, dan itu tergantung dari pemeriksaan dan asesmen perawat,” terangnya.

Pemeriksaan dan perawatan dilakukan di Puskesmas Tanjung Binga, karena mengingat di Beltim belum adanya puskesmas atau pun tempat pemeriksaan rehabilitasi narkoba.

Ia menambahkan, sejak diadakannya program BNN dalam rangka mendapatkan para pecandu atau penyalahguna narkotika, hingga saat ini sudah banyak pecandu narkoba di Babel yang menjalani rehabilitasi. (feb)