8 Orang Tertangkap Operasi PETI

by -

*Terancam Denda Rp 10 Miliar

KOBA – Dalam Operasi Peti Menumbing 2015, Polres Bangka Tengah (Bateng) dan jajaran berhasil mengamankan 2,35 ton pasir timah dari aktifitas pertambangan timah illegal di wilayah hukum kabupaten tersebut.
Dari hasil operasi inipun, sebanyak 8 orang tersangka juga berhasil diamankan. Saat ini seluruh barang bukti dan para tersangka telah diamankan di Mapolres Bateng guna dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut.
Kasat Reskrim Polres Bateng AKP. Pebriandi Haloho saat dikonfirmasi mengatakan barang bukti 2,35 ton pasir timah dan 8 orang tersangka tersebut diamankan dalam Operasi Peti Menumbing 2015 yang digelar dari tanggal 5 November hingga 22 November 2015.
“Barang bukti dan tersangka itu kita amankan dari 8 tangkapan,” ujarnya kepada Babel Pos saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (24/11) kemarin.
“Para tersangka yang diamankan ini, antara lain Zt (31) warga Desa Perlang, St (36) warga pendatang yang bermukim di daerah Bemban 9 Desa Nibung, Nw (42) warga Desa Kemingking, Ar (32) warga Kelurahan Berok, Rt (42) warga Desa Penyak, Is (34) warga Desa Terentang III, Fs (36) warga Desa Terentang III dan Su (45) warga Desa Lampur,” sambungnya.
Diungkapkan Pebriandi, dari delapan orang tersangka yang diamankan, dua tersangka diantaranya merupakan target operasi (TO) pihaknya. Kedua tersangka yang dimaksud tersebut, yakni Zt dan St.
“Kalau 6 orang tersangka lainnya yang diamankan itu merupakan non TO, yakni Nw, Ar, Rt, Is, Fs dan Su,” ungkapnya.
Pebriandi menyampaikan para tersangka tersebut akan dijerat dengan Pasal 158 dan 161 UU Nomor 4 tahun 2009 tentang minerba yang ancaman hukumannya maksimal maksimal 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp. 10 miliar.
“Para tersangka ini akan kita lakukan penyelidikan lebih lanjut. Saat ini berkas 8 orang tersangka tersebut sudah kita limpahkan ke Polda,” imbuhnya.  (obh)