800 Warga Badau Hadiri Maras Taun

by -

*Wakil Bupati Dan Raja Badau Ikut Rayakan

foto A- marastahun badau bedulang

Foto A:
Warga Badau saat bedulang. Insert: Wabup Erwandi A Rani dan Kik Johar.

BADAU-Masyarakat Desa Badau, Kecamatan Badau, menyelenggarakan Maras Taun 2015 yang diselenggarakan di Aula Balai Desa Badau, Minggu (26/4), pagi hingga siang, kemarin. Hampir seluruh warga dan tamu udangan dengan jumlah sekitar 800 orang nampak ikut memeriahkan acara tradisi asli Belitong itu.
Menurut Ketua Panitia Fauzi, penyelenggaraan acara ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur yang mendalam atas segala limpahan karunia Tuhan YME kepada masyarakat Badau dan sekitarnya. “Pesta Maras Taun merupakan suatu tradisi turun-temurun masyarakat Belitong, khususnya Desa Badau, yang harus tetap dilestarikan,” ujar Fauzi yang juga Ketua BPD Badau di sela-sela acara.
Acara ini turut dihadiri pula oleh beberapa tamu undangan. Di antaranya, Raja Badau Kik Johar, Wakil Bupati Belitung Erwandi A. Rani, Wakil Ketua DPRD Budi Prasetya, perwakilan Polsek Badau, para Dukun Kampung serta tokoh masyarakat.
Rangkaian acara Maras Tahun di Badau kali ini dimulai dengan sambutan-sambutan dari ketua panitia dan Wakil bupati Belitung. Lantas dirangkai doa bersama yang dilakukan oleh dukun kampung serta diakhiri dengan tradisi bedulang atau makan bersama-sama. Selain itu, pada malam harinya diselenggarakan pula acara seperti pentas seni daerah, sajian hiburan orkes melayu dan lesung panjang.
“Tradisi Maras Taun juga menjadi ajang silaturahmi. Momen ini juga menjadi penting karena masyarakat Badau bisa tetap melestarikan budaya lokal yang sudah turun-temurun dilaksanakan tiap tahun,” ungkap Thomas, salah satu undangan yang hadir.(mg3)