Aan Ajak Umat Beragama Jaga Kerukunan

by -
Aan Ajak Umat Beragama Jaga Kerukunan
Wabup Beltim Burhanudin mengangkat bendera start tanda dimulainya jalan santai kerukunan dalam rangka hari Amal Bakti Kemenag ke-74.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Wakil Bupati Beltim Burhanudin (Aan) mengajak seluruh umat beragama di Kabupaten Beltim untuk senantiasa menjaga kerukunan, ketertiban serta saling hormat menghormati menjalakan keyakinan masing-masing.

“Saya sampaikan, mari kita menjaga kerukunan di internal kita. Kalau ada umat beragama yang tidak rukun maka akan mejadi masalah bagi yang lain,” ungkap Aan saat menghadiri jalan santai kerukunan di kantor Kemenag Beltim, Sabtu (14/12) pekan lalu.

Bukan hanya internal, Aan juga menghimbau kerukunan eksternal juga dijaga yakni bagaimana satu agama dengan agama yang lain saling menghargai dan saling menghormati.

“Tak lupa, bagaimana umarah (pemimpin) seluruh umat beragama, ini juga harus kita jaga sama-sama. Tidak ada perbedaan tidak ada pilih kasih, kita menjaga Indonesia maju dengan umat yang bersatu sehingga kita bisa membangun negeri ini dan daerah dengan lebih baik ke depan,” tegas Aan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Beltim, H. Masdar Nawawi, mengingatkan kembali makna kerukunan umat sesuai tema Nasional. Menurutnya kerukunan akan berbanding lurus dengan kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

“Kerukunan mengandung makna dan arti yang luar biasa pada kita. Ketika semua rukun, damai, aman Insyaallah negara dan bangsa wabilkhusus kita di Beltim bisa maju ketika itu tercipta,” ujar Masdar.

Karenanya, Masdar berharap kerukunan umat beragama yang sudah baik harus dipertahankan. Apalagi Kabupaten Beltim dikenal sebagai tempatnya keragaman umat beragama yang saling berdampingan.

“Inilah yang harus kita pertahankan. Umat beragama dengan multi etnis suku beragama tetap harus bisa hidup berdampingan untuk melaksanakan kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan masing-masing,” harap Masdar.

Adapun jalan santai kerukunan merupakan rangkaian kegiatan hari Amal Bakti Kemenag ke-74 yang dilaksanakan di seluruh kantor Kemenag. Khusus Kabupaten Beltim, hari Amal Bakti diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya donor darah, khitanan massal, anjangsana panti asuhan dan jalan santai kerukunan.

 

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham