Acara Perpisahan Jangan di Hotel!

by -

// Dewan Minta Disdik Buatkan Surat Edaran

PANGKALPINANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) diminta untuk mengawasi sekolah yang akan menggelar kegiatan perpisahan siswa kelas XII menjelang pengumuman kelulusan. Pengawasan tersebut guna menghindari kemewahan acara pelepasan siswa yang dilaksanakan sekolah hingga berencana menggelar di hotel.
Hal ini disampaikan anggota Komisi I DPRD Pangkalpinang, Rio Setiadi kepada Radar Bangka, Rabu (22/4) kemarin. Menurut Rio, baiknya dalam pengawasan ini Disdik selaku menaungi lembaga penyelenggara pendidikan dapat membuat surat edaran kepada sekolah negeri tentang larangan melaksanakan kegiatan di hotel. Ini kata dia, juga merupakan keresahan orang tua jika diberatkan dengan biaya tambahan untuk pelaksanaan acara perpisahan.
“Kita tidak ingin hal ini menjadi keresahan para orang tua siswa, untuk itu kita meminta untuk mengeluarkan surat edaran soal larangan melaksanakan acara perpisahan di hotel,” katanya.
Rio menyarankan kepada sekolah, baiknya perpisahan ini digelar di lingkungan saja, mengingat keamanan, efisiensi dan juga tidak membebankan para orang tua siswa. Bahkan pelaksanaan perpisahan di sekolah sangat baik dilaksanakan dalam rangka memperkuat memori siswa akan sekolahnya. “Kita mendorong pelaksanaan perpisahan ini digelar di sekolah, dengan ini akan terbangun sendirinya memori para siswa agar benar-benar mencintai sekolahnya. Kepala sekolah kita harap dapat tegas untuk mendukung larangan pelaksanaan perpisahan secara mewah,” imbuh politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.
Sementara itu, Kepala Disdik Pangkalpinang Edison Taher mengungkapkan, sejauh ini pihaknya memang belum membuat larangan kepada pihak sekolah untuk penyelenggaraan acara perpisahan siswa secara mewah ataupun di hotel. “Untuk surat edaran memang tidak ada, itu (perpisahan) sepenuhya diserahkan kepada sekolah. Kami hanya sebatas menghimbau agar sekolah menghindari hal yang mewah-mewah di acara perpisahan siswa. Agar ini tidak memberatkan wali murid dan siswa. Tapi kalau mereka melangsungkan perpisahan di hotel dengan biaya yang murah, ya tidak masalah. Asalkan tidak memberatkan wali murid dan siswa itu sendiri,” ucapnya.(cr64)