Acara Puncak GMT Berlangsung Sukses

by -

*Menteri Puji Belitung Luar Biasa, Bupati Bangga pada Masyarakat
*Wakil Bupati: Ini Keberhasilan Pemerintah Edukasi Masyarakat Soal GMT

 

foto A- gmt pemda sanem amati

Bupati Belitung Sahani Saleh (3 dari kiri) saat melihat GMT dengan kacamata gerhana. Nampak Ketua DPRD Belitung Taufik Rizani dan Anggota DPD RI Tellie Gozelie.

TANJUNGPANDAN-Acara puncak Gerhana Matahari Total (GMT) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung di Pantai Tanjung Kelayang, (9/3), kemarin berjalan sukses. Serangkaian kegiatan menyemarakkan GMT 2016 yang digelar sebelumnya seperti sepeda gembira (fun bike) dan Pameran Usaha Kecil Menengah dan mikro (UKMK) Belitung juga berjalan lancar.
Puncak acara GMT 2016 yang dihadiri ribuan warga Belitong dan wisatawan nusantara (wisnus) dan mancanegara (wisman) itu, dihadiri Menteri Pariwisata Republik Indonesia  Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Selain itu, acara puncak GMT juga dihadiri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi, Bupati Belitung Sahani Saleh dan Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani serta kepala SKPD baik dari Pemerintah Provinsi maupun kabupaten.
Turut hadir dalam acara ini Anggota DPD RI Tellie Gozelie dan Danrem 045 Garuda Jaya Kolenel Inf Tjatur Genah, Wakapolda Kepulauan Babel Kombes Pol Richard M Tobing, Danlanud HAS Hanandjoeddin Letkol Pnb Anang Heru Setyono, Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara, dan Dandim 0414 Belitung Letkol Arh Marthen Verny Rorintulus.
Pantauan Belitong Ekspres di lokasi terlihat puluhan ribu masyarakat berkumpul di Pendopo Tanjung  Kelayang dan sakitarnya. Mereka menyaksikan secara langsung fenomena langka puluhan tahun sekali ini. Sebelum menyaksikan GMT, digelar Salat Gerhana dengan Imam Kepala Kantor Kementerian Agama Belitung Muhamadiah dan Khatib Erwandi A Rani.
Setelah selesai Salat Gerhana, acara puncak dilaksanakan di pinggir pantai. Ribuan masyarakat berdesakan melihat secara langsung proses terjadinya GMT, yang memakan waktu kurang lebih dua menit. Saat memasuki puncak, kondisi Tanjung Kelayang yang sebelumnya cerah, menjadi gelap seperti malam hari.
Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan, GMT di Belitung sangat luar biasa. Sebab, gerhana matahari di Tanjung Kelayang, dapat dilihat secara jelas. Bahkan, hampir 180 derajat terlihat jelas.
“Sungguh indah Pulau Belitung saat GMT, apalagi kondisi cuaca bisa dikatakan mendukung dan tidak hujan. Kita akan buat monumen destinasi waktu disini (Tanjung Kelayang,red),” ujar Menteri Pariwisata.
Sementara Bupati Belitung merasa sangat bangga atas semangat masyarakat dan wisatwan dalam menikmati destinasi GMT yang terjadi di Belitung. “Ini mukjizat untuk Belitung, momen GMT bisa 30 tahun lebih akan terjadi lagi. Dan untuk satu wilayah bisa sampai 300 tahun untuk GMT. Pantas kita syukuri bersama,’’ ujar Bupati pada kesempatan sebelumnya.
Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani bersyukur seluruh rangkaian acara sukses. Banyak tamu yang terpukau dengan suguhan tarian dan kesenian selama fertival GMT. Termasuk ketika terjadinya gerhana. “Saya puas dengan apa yang kita lihat. Mudah-mudahan tamu kita juga puas. Karena tujuan kita melayani mereka,” kata Erwandi.
Terpisah, Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani  mengatakan, banyak mendengar pujian antusias dari wartawan nasional yang mewawancarai Menteri. Sajian yang diberikan membuat terkesan dan antusias.  “Kita berhasil melihat. Walau ada gangguan awan sebelum gerhana total. Tadi terlihat jelas selama dua menit,” tukasnya.
Satu hal yang tidak kalah penting yaitu keberhasilan pemerintah mengedukasi masyarakat. Dulu, masyarakat takut melihat gerhana, bahkan dilarang. Ini merupakan sebuah hal yang harus disyukuri. “Saya terharu, ini keberhasilan pemerintah mengedukasi masyarakat, bahwa melihat gerhana total tidak perlu takut,”, tukasnya.
Selain masyarkat dan wisatawan, rombongan anak-anak SMA/SMK dari berbagai sekolah di Jabotabek serta puluhan awak media asal Jakarta juga sempat mengunjungi Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi dalam momen GMT ini. Mereka yang berjumlah sekitar 220 orang ini datang bersama sejumlah pejabat dari Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya RI. Sebelumnya, rombongan yang dibawa Kapal Kelud dari PT Pelni itu menikmati GMT dari atas kapal selama perjalanan di laut. (adv/kin/ade)