Ada 120 Ormas Terdaftar di Basel

by -

* Kesbangpol Bakal Investigasi Kelapangan

TOBOALI – Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bangka Selatan rencananya dalam waktu dekat ini bakal turun kelapangan melakukan investigasi terhadap para pengurus organisasi masyarakat (Ormas), komunitas dan yayasan di daerah setempat.

Kepala Seksi (Kasi) Ketahanan Ekonomi, Seni Budaya, Agama dan Kemasyarakatan, Mastur menyampaikan jumlah Ormas, komunitas dan yayasan termasuk Ormas pemerintahan yang terdaftar di Dinas Kesbangpol Basel sebanyak 120 lembaga. Namun dari jumlah keseluruhan tersebut belum diketahui secara pasti ada berapa banyak Ormas yang masih aktif dan tidak aktif.

“Ormas yang terdaftar di kita lebih kurang 120 Ormas termasuk di dalamnya itu 20 Ormas pemerintahan seperti KNPI, Karang Taruna, FKDM dan lain sebagainya. Tujuan kita investigasi kelapangan untuk melihat kepengurusannya apakah masih aktif atau tidaknya, terutama Ormas yang diluar pemerintahan seperti LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), komunitas dan yayasan,” ujar Mastur, Jumat (5/5/2017).

Ia menjelaskan, setelah dari investigasi nanti baru dapat diketahui mana Ormas yang masih aktif dan tidak aktif. Untuk itu, Mastur menyarankan bagi Ormas yang masa kepengurusannya sudah berakhir dan atau tidak aktif lagi agar melaporkan ke Dinas Kesbangpol.

“Ormas, komunitas dan yayasan yang tidak aktif lagi, jika mau mengaktifkannya kembali harus melaporkan ke Dinas Kesbangpol untuk mengambil dan mengisi formulir,” jelas Mastur menambahkan pemerintah daerah (Pemda) dalam memberikan bantuan dana ke Ormas yang dilihat itu adalah keaktifan Ormas layak atau tidaknya untuk menerima bantuan.

“Keberadaan Ormas tentu sangat membantu pemerintah dalam bentuk pengawasan dan masukan, karena Ormas adalah mata dan telinga pemerintah. Ormas dan pemerintah harus saling bersinergi begitu juga sebaliknya guna menciptakan suasana daerah yang kondusif,” tuturnya.(tom)