Ada Lomba Masak Gangan Darat Ala Pria di Dusun Kayu Manis

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

KELAPA KAMPIT – Dalam rangka memperingati hari jadi Dusun Limau Manis Desa Buding Kecamatan Kelapa Kampit yang ke 94, digelar berbagai lomba. Mulai dari lomba permainan tradisional hingga lomba masak Gangan Darat yang dilakukan kaum para pria alias bapak-bapak.

Pemandangan unik  lomba masak Gangan Darat kaum adam ini terlihat di halaman Balai Dusun Limau Manis, Minggu (19/4) pagi kemarin. Lomba tersebut melibatkan seluruh RT yang ada di Dusun Limau Manis. Lomba masak yang diikuti kaum pria itu sendiri baru kali pertama digelar, sejak Dusun Limau Manis berusia 94 tahun.

Sebanyak delapan regu ikut dalam lomba masak Gangan Darat. Setiap regu masing-masing ada tiga orang peserta . Mereka bertugas meracik bumbu dengan dibantu teman lainnya. Peserta lomba diwajibkan memasak hidangan gangan darat dengan ikan darat yang sudah disiapkan panitia, yakni Ikan Mengkawak (Gabus-red). Aroma dan cita rasa menjadi penilaian utama tim juri yang didominasi ibu-ibuk PKK Dusun Limau Manis.

Baca Juga:  Lanud H.AS Hanandjoeddin Tampil di Beltim Expo 2019

“Dalam rangka hari jadi dusun, panitia sengaja mengadakan lomba unik seperti ini. Karena disamping para pria juga harus bisa memasak juga merupakan suatu ajang silaturahmi dan menjalin kebersamaan dan kekeluargaan di tingkat Dusun pada khususnya,” ungkap Kepala Dusun Limau Manis, Yantino yang sebagai penggagas ide lomba ini.

Baca Juga:  Komunitas Fotografi Gawe Moto Resmi Terbentuk

Menurut Yantino, lomba masak bagi para pria merupakan bentuk pembuktian kalau para bapak-bapak di Dusun Limau Manis, dapat diandalkan dalam urusan dapur. Terlebih saat ditinggalkan para ibu-ibu atau istrinya dalam keadaan waktu tertentu.

“Selain sebagai masyarakat dan juga kepala keluarga, kita (Kaum Adam-red) juga harus mampu mandiri dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga terutama dalam hal urusan dapur. Jangan hanya mengandalkan istri/ibu-ibu dalam urusan masak-memasak, kita sebagai pria juga mampu dan harus bisa memasak, apalagi masakan khas pulau Belitong, yakni Gangan darat,” ucapnya. (feb)

Tags:
author

Author: