Ada Penyakit Penyerta, Kakek-Kakek di Tanjungpandan Meninggal Karena Covid-19

by -
Ada Penyakit Penyerta, Kakek-Kakek di Tanjungpandan Meninggal Karena Covid-19
Direktur RSUD Marsidi Judono dr. Hendra, SpAn.

belitongekspres.co.di, TANJUNGPANDAN – Satu lagi, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Belitung meninggal dunia, Minggu (14/3). Dengan demikian kini total kasus kematian karena Covid-19 menjadi 14 orang.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun, seorang laki-laki berusia 86 tahun Pasien TE meninggal pada hari Minggu 14 Maret 2021 pukul 08.15, di ruangan Isolasi A RSUD dr. H. Marsidi Judono,” kata Direktur RSUD Marsidi Judono dr. Hendra, SpAn dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/3).

Menurut dr. Hendra, pasien TE datang ke pusat isolasi dan deteksi Isolasi A RSUD dr H Marsidi Judono pada tanggal 8 Maret 2021. Pasien rujukan dari PKM Air Saga dengan Swab Antigen positif dan terdapat gejala klinis Covid-19, disertai penyakit komorbid darah tinggi.

Setelah dilakukan perawatan selama 7 hari kondisi pasien makin memburuk dan pada dini hari tanggal 14 Maret 2021 kondisi pasien semakin memburuk. Pasien juga sempat mengalami henti nafas dan henti jantung. Kemudian dilakukan resusitasi dan pemasangan mesin bantu nafas ventilator.

Akan tetapi terang dr Hendra, sekira pukul 08.00 WIB pasien kembali mengalami henti napas dan jantung yang ke 4 kali, setelah dilakukan pertolongan medis kembali namun tidak berhasil. “Pasien dinyatakan meninggal pada Minggu 14 Maret 2021 pukul 08.15 WIB,” bebernya.

Dikatakan dr Hendra, pasien TE adalah pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 ke-14 yang meninggal dunia di Kabupaten Belitung. Selanjutnya pasien dilakukan penanganan dan pemulasaran jenazah sesuai protokol kesehatan yang berlaku. “Pasien telah dimakamkan hari ini pada pukul 12.00 WIB,” tandasnya.

Sementara hingga saat ini jumlah kasus positif sejak maret 2020 mencapai 492 orang. Positif aktif saat ini ada 31 orang, yang terdiri dari dirawat di RSUD ada 11 orang dan isolasi mandiri 11 orang serta isolasi di SKB ada 9 orang.

Sedangkan kasus positif hari ini ada 12 orang berdasarkan swab antigen, dan selesai isolasi hari ini tidak ada, sehingga total pasien sembuh 451 orang. Adapun jumlah seluruh kasus meninggal dunia ada 14 orang, dengan ditambah 1 kasus yang meninggal hari ini.

Kondisi perkembangan penanganan kasus Covid-19 tersebut terlihat di web https://covid19.belitung.go.id/. Situs resmi ini merupakan portal pusat informasi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung. Data terakhir update Minggu (14/03) hingga pukul 11.47 WIB. (dod)