Ada Pungli TI Rajuk?

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Zarkani Sebut Ada Oknum yang Minta Setoran

MANGGAR –Aktivitas penambangan timah dengan sistem rajuk (TI Rajuk) di Kabupaten Belitung Timur ternyata syarat dengan pungutan liar (Pungli). Diduga Pungli tersebut dimainkan oleh sejumlah oknum masyarakat dan instansi terhadap TI  Rajuk yang tidak mengikuti Peraturan Bupati (Perbub).
Perbub TI Rajuk nomor 59 tahun 2014 yang dikeluarkan Pemkab Beltim, mengatur tentang pengelolaan tambang  yang menggunakan alat Ponton Isap Produksi (PIP). Para oknum tersebut modusnya meminta setoran terhadap aktivitas TI Rajuk yang tidak sesuai dengan Perbub yang dikeluarkan.
Dugaan permainan Pungli tersebut diungkapkan langsung Wakil Bupati Beltim, Zarkani Mukri saat rapat koordinasi (Rakor) pembahasan reklamasi dengan pemegang IUP d iruang rapat Bupati Beltim, Rabu (18/2).
Dalam Rakor itu, Zarkani mengaku telah banyak menerima laporan dari masyarakat tentang sistem setoran yang dimaksud. Setelah ia telusuri di lapangan ternyata memang benar adanya oknum yang meminta setoran pada setiap TI Rajuk yang beroperasi di salah desa di Kecamatan Damar. Namun demikian Zarkani enggan menyebutkan oknum masyarakat dan instansi mana yang meminta setoran itu.
“Saya tidak akan menyebutkan satu persatu. Tapi siapa oknumnya dan lokasinya di mana, saya sudah kantongi di berkas laporan daerah tersebut,” ungkap Wabup.
Atas permasalahan itu, pihaknya tidak akan tinggal diam. Sebab jika dibiarkan, masyarakat tentu akan terus dihantui rasa takut oleh oknum atau pihak yang sering meminta setoran tersebut.
“Meski terjadi di wilayah IUP PTTimah sekali pun, mereka (penambang-red) akan tetap merasa takut. Jika tanpa ada dasar yang kuat dan izin yang lengkap,” tukas Zarkani.
Karena itu, Pemkab Beltim kata Zarkani, akan bekoordinasi dengan PT.Timah untuk bersinergi membahas dan menindak lanjuti persoalan yang ada.
“Sebelumnya, saya juga sudah pernah menelpon Wastam dan Pejabat PT.Timah lainnya, namun sejauh ini belum ada balasan atau tindak lanjut mengenai masalah TI Rajuk ini,” tandasnya. (feb)

Baca Juga:  Perhatian Pemerintah untuk Pembangunan Desa Meningkat

Rate this article!
Ada Pungli TI Rajuk?,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: