Agro Ekowisata Aik Nibong, Dari Eks Tambang Jadi Taman Bunga

by -
Agro Ekowisata Aik Nibong, Dari Eks Tambang Jadi Taman Bunga
Bupati Belitung, H Sahani Saleh didampingi Wakil Bupati Belitung, Isyak Meriobie meresmikan Agro Ekowisata Aik Nibong, yang berlokasi di Dusun Kelekak Datuk, Desa Badau, Kecamatan Badau.

belitongekspres.co.id, BADAU – Bupati Belitung, H Sahani Saleh didampingi Wakil Bupati Belitung, Isyak Meriobie meresmikan Agro Ekowisata Aik Nibong, yang berlokasi di Dusun Kelekak Datuk, Desa Badau, Kecamatan Badau, Minggu (14/2).

Pengelola Agro Ekowisata Aik Nibong, Ardawan mengatakan, lahan eks tambang yang sudah direklamasi dikelola menjadi lahan pertanian dan taman bunga. Diantaranya bunga Celosia yang ditata rapi. Sehingga itu dapat menarik minat wisatawan dan menjadi destinasi wisata baru di Kecamatan Badau dan Kabupaten Belitung.

“Kami melihat potensi yang dapat dikembangkan dari lahan eks tambang ini, seiring waktu. Berkat bimbingan serta dukungan dari Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten kami dapat mengembangkan Agro Ekowisata ini. Dan mudah-mudahan dapat menambah destinasi wisata baru di Kabupaten Belitung,” katanya.

Sementara itu Bupati Belitung menyampaikan, dalam pariwisata banyak hal yang didapat, baik dari segi ekonomi, konservasi yang otomatis menjaga lingkungan. “Pariwisata bersifat multiple effect dan mempunyai manfaat yang berkelanjutan tanpa harus merusak lingkungan,” ujar Bupati.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini Belitung menjadi kawasan Geopark Nasional dan sebentar lagi akan menjadi Geopark Global. Tentunya dengan adanya destinasi wisata eks tambang ini akan menjadi daya tarik sendiri. Terutama dalam pengelolaan reklamasi lahan eks tambang menjadi lahan yang bernilai ekonomis yang tinggi.

“Salah satu penilaian untuk mendapatkan status Geopark Nasional maupun Global yaitu keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan destinasi wisata. Contohnya lahan eks tambang yang dikelola HKM Juru Seberang yang mendapatkan penilaian penting dalam merubah lahan eks tambang menjadi salah satu destinasi wisata baru,” sebutnya.

Maka dari itu, Pemkab Belitung mengapresiasi atas berdirinya Agro Ekowisata Aik Nibong ini. “Semoga kedepannya dapat berkembang dengan menambah spot-spot lainnya dan Agro Ekowisata Aik Nibong dapat menjadi percontohan dalam mereklamasi lahan eks tambang yang ada di Kabupaten Belitung,” tutupnya.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Belitung, penanaman pohon dan ditutup dengan peninjauan lokasi Agro Ekowisata Aik Nibong. Hadir pada peresmian tersebut Unsur Forkopimda Kabupaten Belitung, Kepala SKPD Kabupaten Belitung, Camat Badau serta tamu undangan lainnya. (dod)