Agustus, Cetak Sawah Dimulai

by -

SUNGAILIAT – Bupati Bangka Ir Tarmizi H Saat mengungkapkan penanaman padi sawah di beberapa kecamatan di Kabupaten Bangka seperti Mendobarat dan Puding Besar akan dimulai pada bulan Agustus mendatang.
“Bulan Juni-Juli akan dilakukan pembebasan dan Agustus akan dilakukan tanam perdana untuk padi sawah ini, jadi akan ada gongnya nanti,” ungkapnya Sabtu (14/3).
Menurutnya, para petani dan penyuluh meminta dan mengharapkan komitmen pemerintah untuk pelaksanaan percetakan sawah. “Kita akan bersinergi dengan TNI dan telah kita tuangkan dalam bentuk penandatanganan kesepakatan dan pernyataan dari petani dan kepala desa juga,” jelasnya.
Untuk itu, pemerintah akan mendukung sepenuhnya dalam peningkatan ketahanan pangan. “Kita akan bantu irigasinya bekerjasama dengan dinas terkait, mulai Pekerjaan Umum, Bappeda, Pertanian, Ketahanan Pangan, Perkebunan dan lainnya. Ini proyek keroyokan sehingga bisa berhasil nantinya,” jelasnya lagi.
Hal ini perlu dilakukan, mengingat pertanggungjawaban program ini langsung ke presiden. “Kita tidak mau main-main. Jadi itulah saya tekankan kepada petani untuk serius menggarap sawah yang akan menggunakan anggaran pusat tersebut,” tegasnya.
Selain itu juga, untuk keberhasilan percetakan sawah, bupati juga akan mendatangkan pemuda tani dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Kita bantu juga dengan mendatangkan pemuda tani yang akan kita tanggung lifecostnya maksimal dua tahun sehingga sawah di Bangka ini berhasil, lahan sudah tersedia, tinggal pemanfaatan dan pemberdayaannya juga mulai bekerjasama dengan TNI dari subsidi pupuk, obat-obatan. Nanti mereka yang dukungnya,” katanya.
Selain cetak sawah bupati juga menghimbau masyarakat terus menanam padi ladang. “Beriringan saja. Padi sawah dan ladang kita dukung kalau untuk kesejahteraan dan ketahanan pangan kita,” pungkasnya. (Rif)