Agustus, Draft perubahan Sudah di dewan

by -

TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung menargetkan pembahasan anggaran perubahan tahun 2015 selesai minggu depan. Sehingga awal Agustus draft sudah disampaikan ke DPRD Kabupaten Belitung.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belitung Jayusman mengatakan sekitar 10 dinas yang mempunyai anggaran besar yang belum selesai dibahas. Misalnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perkerjaan Umum.

“Pembahasan ini lebih cepat meski tidak buru-buru. Karena kemarin juga sempat puasa,” kata Jayusman.

Soal pembahasan anggaran, pemerintah mendahulukan anggaran prioritas. Misalnya untuk menarik anggaran pusat. Tentunya daerah membutuhkan perencanaan. “Seperti yang disampaikan Pak Jokowi kemarin, hal itu harus kita rencanakan untuk menarik APBN,” tukasnya.

Sementara penyerapan anggaran di Kabupaten Belitung sudah mencapai 40 persen lebih. Penyerapan anggaran tahun ini terbilang lebih cepat dari tahun lalu.

Ia menjelaskan Presiden RI Jokowi sudah mengatakan jangan khawatir soal penggunaan anggaran. Jangan sampai karena takut, penyerapan anggaran lambat.

Meski dalam perjalanannya dalam penyerapan anggaran ada kendala. Sebenarnya pekerjaan tersebut sudah selesai, hanya saja pencairannya belum.

“Misalnya kita bangun gedung. Fisiknya ada, tapi baru sekian persen dibayar ke rekanan. Baru dilunasi akhir tahun. Ini kan mempengaruhi penyerapan anggaran,” jelasnya. (ade)