Aik Merbau Perkuat BUMDes

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

TANJUNGPANDAN-Kepala Desa (Kades) Air Merbau Katto mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan, mengembangkan dan meningkatkan perekonomian, Pemerintahan Desa (Pemdes) akan membentuk BUMDes (Badan usaha milik desa).

“Mau tidak mau Belitung sebagai daerah pariwisata dan rencana percepatan status bandara internasional tentu para pelaku UKM harus memanfaatkan hal terebut untuk menunjang perekonomian. Salah satunya melalui program desa dengan membentuk BUMDes,” ujar Katto pada Belitong Ekspres Selasa (4/10) kemarin di ruang kerjanya, kemarin.

Kata Katto, Pemdes telah melakukan beberapa pelatihan seperti pelatihan untuk generasi muda seperti pelatihan las selama sepuluh hari. “Alhamdullah kesan mereka baik dan masyarakat sangat antusias dan semoga bisa bermanfaat,” jelasnya.

Baca Juga:  Antisipasi Premanisme, Tukang Parkir Ditertibkan

Dikatakan, sesuai dengan visi desa untuk menuju masyarakat yang mandiri, agamis, dan transparan lantas, beberapa program telah disusun melalui Rencana Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Air Merbau. Di antaranya, program pembangunan jalan desa, pembangunan kantor desa, perbaikan jalan setapak, pembuatan pagar kuburan, pembuatan gorong-gorong dan talud.

“Kita terus memberikan pelayanan yang baik dengan program yang sudah berjalan dan sedang berlangsung untuk kemajuan desa. Tentunya kegitan tersebut dilakukan dan dikelola swadaya masyarakat,” paparnya.

Baca Juga:  Pasca Kericuhan, 7 Mobil Rusak, 1 Motor Dibakar, Termasuk Baju Dinas dan HP

Lanjut Katto, untuk UMKM dan home industry, di Air Merbau nanti akan diarahkan ke BUMDes dan diberikan pembinaan. Untuk UKM ada pengrajin kue, jajanan dan oleh-oleh seperti pembuatan kerupuk cumi, keripik singkong, rengginang dan pletek. Bukan tidak mungkin nanti aka nada pengrajin souvenir mengingat Belitung sebagai daerah tujuan iwisata.

“Kan sebile kite jadi pemain sudah saatnya sekarang ini kita menjadi pemain di dalam wisata. Belitung sudah terkenal luas dan sebentar lagi jadi bandara internasional, tetap harus optimis,” pesannya.(mg1)

Rate this article!
Aik Merbau Perkuat BUMDes,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: