Akan Bentuk Komunitas Cross

by -

Kodim Belitung

*Jadikan Padang Jurak sebagai Sirkuit Nasional

TANJUNGPANDAN – Kodim 0414 Belitung akan mendirikan komunitas seperti motor cross, mobil offroad dan sepeda MTB. Hal itu dilakukan, karena banyaknya peminat masyarakat dengan hobi-hobi tersebut.
Dandim 0414 Belitung Letkol Kav Eko Saptono mengatakan, pihaknya sudah menggelar berbagai kegiatan saat Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 72, di antara gowes santai dan kejuaraan grasstrack di Kabupaten Belitung.
Dari dua even itu, Jajaran Kodim 0414 Belitung mampu mendatangkan ribuan orang untuk gabung di antara itu. Seperti saat gowes santai, sebanyak tiga ribu tiket yang disediakan panitia ludes, karena pesertanya melebihi dari kupon tersebut.
Sedangkan ada yang spektakuler di Ulim Membalong. Sebanyak kurang lebih 100 peserta dari Bangka Belitung turut andil dalam kejuaraan itu. Bahkan, jumlah penonton perhari lebih dari seribu orang. Dan acara puncak disaksikan sekitar lima ribu pasang mata.
“Untuk sementara kita fokuskan ke crosser. Sebab, kita sudah berkoordinasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, untuk membuat komunitas,” ujar Dandim 0414 Letkol Kav Eko, Senin (30/10) kemarin.
Ke depan, kodim akan membina crosser muda yang dipersiapkan untuk mewakili Belitung ke ajang nasional. Selain itu, TNI AD ini juga membentuk crosser dari berbagai kalangan, di antaranya pembalap tingkat anak-anak dan wanita.
Tidak hanya itu, sirkuit yang ada di Dusun Ulim, akan dijadikan tempat balap nasional. “Kita akan bantu dengan kekuatan kami. Ada beberapa hal yang harus dibenahi, seperti batas pengaman antara penonton dan pembalap,” ungkapnya.
Dandim melanjutkan juga seperti lapisan tanah yang kurang rata harus diperbaiki, khususnya, batas antara penonton dan pembalap minimal satu hingga tiga meter. “Kalau nanti lapangan sudah selesai, bisa dijadikan kejuaraan nasional di Belitung,” pungkasnya.
Sementara itu, Mukti pemilik Sirkuit Crosse Padang Jurak Desa Lassar mengaku senang, dengan adanya rencana rehabilitas sirkuit itu. Dia mendukung, lapangan balap ini ditingkatkan menjadi nasional.
“Dengan adanya sirkuit nasional, akan menambah gairah para pembalap kita, untuk terus meningkatkan kualitas. Dan, dengan adanya sirkuit ini, Belitung juga bisa makin terkenal,” kata pria yang akrab disapa Kik Dukun ini. (kin)