Akan Memanggil Pemegang IUP

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MUNTOK – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemkab Bangka Barat Iduan mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya memanggil beberapa pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Babar. Hal ini dilakukan untuk membahas Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemegang IUP khususnya di Babar.
“Dalam waktu dekat kita akan memanggil beberapa pemegang IUP di wilayah Babar, pemanggilan ini terkait dengan RKAB yang disusun oleh masing-masing pemegang IUP di Babar,” ujar Iduan saat ditemui RB di ruang kerjanya, Senin (16/2).
Menurut dia, di RKAB akan dibahas mulai dari berapa target dan biaya produksi serta alokasi Coorporate Social Resposibilty (CSR) yang dianggarakan. Serta fasilitas apa saja yang digunakan. “Untuk itu, perlunya kita panggil terlebih dahulu sebelum beroperasinya aktivitas pertambngan baik darat maupun laut oleh pemegang IUP,” ujar Iduan.
Disinggung untuk alokasi anggaran dan peruntukkan CSR oleh masing-masing pemegang IUP di wilayah Babar, menurutnya bahwa CSR yang diberikan oleh pemegang IUP ini bisa bersifat langsung atas pengajuan masyarakat setempat dalam hal ini melalui proposal maupun CSR yang sudah dianggarkan dalam RKAB itu sendiri atau lebih bersifat kegiatan kemasyarakatan.
“CSR yang diberikan oleh pemegang IUP ini bisa bersifat langsung atas pengajuan masyarakat setempat dalam hal ini melalui proposal, maupun CSR yang sudah dianggarkan dalam RKAB itu sendiri atau lebih bersifat kegiatan kemasyarakatan, misalnya bantuan hewan kurban, ataupun bantuan rumah ibadah dan lain sebagainya,”kata Iduan.
Untuk itu, perlunya duduk bersama antara pemerintah daerah dengan pemegang IUP untuk membahas terkati dengan pengajuan RKAB yang disampaikan setiap pemegang IUP ini. “Hal ini guna membantu proses pembangunan yang belum teranggarkan melalui APBD, jadi kita bisa memanfaatkan CSR dari pihak perusahaan ini untuk kepetingan masyarakat,” tukas Iduan. (cr63)

Baca Juga:  Sambut Ramadan, Molen Pawai Ta'ruf Bareng Warga

Rate this article!
Tags:
author

Author: