AKBP Nugrah Sebut Babin ‘Kapolri’ di Desa

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Kunjungan Kapolres ke Desa Buding (kik)

KELAPA KAMPIT – Desa Buding di Kecamatan Kelapa Kampit kabupaten Belitung Timur (Beltim) merupakan Desa ke-17 yang dikunjungi Kapolres Beltim, AKBP. Nugrah Trihadi, S.Ik, bersama staf dalam program lawatannya mengunjungi desa-desa di Kabupaten Beltim.

Dalam kunjungannya Selasa, (20/1) kemarin, Kapolres Kembali mengecek sejauhmana kedekatan Babinkamtibmas dengan masyarakat, khususnya Desa Cendil, Kecamatan Kelapa Kampit.

“Babinkamtibmas harus memberikan solusi bagi permasalahan dengan masyarakat atau pun perusahaan yang ada di daerah penugasannya sebagai Babimtibmas,” tegas Kapolres, dalam bincang-bincang bersama Kepala dan perangkat Desa Cendil, serta tokoh masyarakat dan perwakilan perusahaan PT. Rebinmas Jaya.

banner 1200x200

Baca Juga:  Seleksi Terbuka Bisa Tak Lagi Diperlukan

Kapolres ingin, jika permasalahan bisa selesai di tingkat Desa. Namun, jika tidak memungkinkan, baru dibawa ke tingkat polsek. Kemudian jika tidak selesai di tingkat polsek, barulah diselesaikan di tingkat Polres. Itu pun dengan pengecualian, tidak menyangkut ranah pidana.

“Jika bisa diselesaikan di tingkat Desa, yaitu oleh Kepala Desa dan Babinkamtibmas, maka saya harap, itu (permasalahan, red) benar-benar selesai. Ibaratnya kalau api sampai hilang sekamnya. Jika diinjak pun sudah tidak panas,” ujarnya, sembari menegaskan bahwasannya Babinkamtibmas dari kepolisian yang ditugaskan di Desa-desa merupakan ‘Kapolri’ bagi desa tersebut.

Sementara itu, permasalahan kenakalan remaja seperti penyalahgunaan obat batuk yang mengandung dextro metrophan dan minuman keras (miras), juga menjadi topik bahasan.

Baca Juga:  Kelompok Advokasi Program KKBPK Adakan Pertemuan

“Dalam kesempatan ini juga saya himbau, jika keluarga yang terlibat narkoba agar segera koordinasikan dengan kita (Kepolisian, Red), karena kita bekerjasama dengan pihak panti rehabilitasi. Kalau gak lapor dan kita yang tangkap, beda urusannya, bisa terlibat hukum,” papar Nugrah.

Dalam kunjungannya, Kapolres didampingi Kabag Ops Polres Beltim Kompol Rajadewa, Kabag Ren Kompol Sasmadi, Kasat Binmas AKP Mahmud, Kasat Intel AKP Herlinarto, dan Kapolsek Kelapa Kampit Iptu Irsan Sihotang. Tampak pula Danramil Kelapakampit Kapten Ahmad Tabrani, Kades Desa dan tokoh masyarakat Desa Cendil Kelapa Kampit. (feb)

Tags:
author

Author: