Alasan Ekonomi, Warga Sungailiat Bangka Ini Nekat Mencuri di Asrama Polres Belitung

by -
Alasan Ekonomi, Warga Sungailiat Bangka Ini Nekat Mencuri di Asrama Polres Belitung
Ambo Saka, pelaku pencurian, saat dibawa ke Mapolres Belitung untuk pengambilan identitas (sidik jari) sebelum dibawa kembali ke Mapolsek Tanjungpandan, Selasa (21/1/2020).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Ambo Saka (35), warga Sungailiat, Bangka nekat mencuri di salah satu Asrama Polisi (Aspol) lama, di Jalan Merdeka, Kelurahan Kota, Tanjungpandan, Sabtu (18/1/2020). Rumah yang disatroni itu, tak jauh dari lokasi merupakan rumah dinas Kapolres Belitung.

Kapolsek Tanjungpandan, AKP Poltak S.T. Purba mengatakan, pelaku ditangkap Jajaran Unit Reskrim Polsek Tanjungpandan saat berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Nusatara Tanjungpandan, Selasa (21/1/2020).

“Tidak ada perlawanan dari pelaku saat diamankan,” kata AKP Poltak kepada belitongekspres.co.id, Rabu (22/1/2020).

Menurut Kapolsek, kejadian tersebut berawal dari laporan yang diterima Polsek Tanjungpandan dengan nomor LP/ B-3/1/2020 pada, Sabtu (18/1/2020) atas nama Nurul Huda Syalsabila.

“Pelaku melakukan aksinya sendirian, sekitar pukul 03.30 WIB dengan cara merusak ventilasi pintu dapur di rumah korban,” jelasnya.

Setelah masuk, pelaku mengambil barang berharga seperti laptop merek Asus, handphone Xiaomi S2, dan satu buah tas sandang. “Sempat dilakukan pengejaran oleh masyarakat akan tetapi pelaku berhasil melarikan diri. Akibat kejadian ini korban mengalami kerugian sebesar Rp.9.900.000,” beber Kapolsek Tanjungpandan.

Pelaku yang diketahui berprofesi sebagai nelayan ini, kata AKP Poltak, melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan ini bermotif masalah ekonomi, karena kurangnya pendapatan saat melaut untuk kebutuhannya sehari-hari.