Alasan Keselamatan, Polisi Batalkan Even Belitung Throne Trophi

Ilustrasi Moge, jpnn

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Karena alasan membahayakan keselamatan masyarakat, Polres Belitung batalkan even nasional balap motor Belitung Throne Trophi (TT) Rally 2019. Semula even ini rencananya bakal digelar di Tanjung Tinggi, Sabtu (17/8) dan Minggu (18/8) mendatang.

RajaBackLink.com

Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, dasar-sasar polisi membatalkan even tersebut lantaran dia menilai tidak ada kesiapan dari masyarkat. Khususnya masalah pengamanan.

Menurutnya, untuk membuat event balap motor tentunya harus memiliki kesiapan pengamanan yang memadai. Contohnya Helikopter, serta perizinan dari dinas-dinas terkait untuk mengalihkan jalan.

Baca Juga:  Ambil Motor Tetangga, Gadis Belia Resmi Jadi Tersangka

Sebab, motor Ducati yang digunakan menggunakan cc yang sangat besar. Mulai 220 hingga 1000 cc. Apalagi, pada saat pelaksanaan motor gede (moge) ini saat melaju dengan kecepatan tinggi. Sekitar 100 hingga 200 kilometer per jam.

Tentunya hal itu kata Kapolres sangat membahayakan warga. Belum lagi jika ada masyarakat yang melihat secara dekat. Tentunya bisa membahayakan keselamatan. Tidak hanya warga melainkan juga pembalap.

“Kami melihat mereka tidak pernah melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya yang berdampak. Mereka hanya membuat spanduk saja,” ujar AKBP Yudhis Wibisana.

Selain itu, juga fasilitas pengamanan juga dinilai kurang. Seperti Helikopter. Hal itu sangat diperlukan. Misalnya ada pembalap yang mengalami kecelakaan, apakah harus dievakuasi setelah balapan usai.

Baca Juga:  Dedek Gemes yang Satu Ini Nekad Curanmor

“Tentunya tidak. Maka dari itu, perlu adanya Helikopter. Kalau hanya masalah pengamanan seperti personil, Polres Belitung tidak ada masalah. Kita siap mengerahkan berapapun anggota,” katanya.

Dalam waktu dekat ini, Polres Belitung akan memberitahukan kepada pihak penyelenggara (Even Organizer), serta instansi terkait mengenai pembatalan even tersebut.

“Kita juga akan segera memberitahukan ke Dit Intelkam Polda Bangka Belitung, mengenai pembatalan event motor Ducati tersebut,” pungkas Kapolres Belitung. (kin)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply