Alasan Sibuk Pengamanan Kedatangan RI 1 Polres Pangkalpinang ‘Lupakan’ TI Ilegal

by -
Puluhan unit ponton TI di alur sungai Pangkalarang terlihat menjalankan aktifitas tanpa pengamanan pihak keamanan. foto : la ode/rb
Puluhan unit ponton TI di alur sungai Pangkalarang terlihat menjalankan aktifitas tanpa pengamanan pihak keamanan.

PANGKALPINANG – Janji Kapolres AKBP Heru Budi Prasetyo untuk menertibkan tambang inkonvensional (TI) ilegal yang berada di Pangkalarang dan Ampui belum juga terealisasi. Terakhir, Kapolres berkilah jika pihaknya belum bertindak melakukan pengamanan karena sibuk mempersiapkan pengamanan kedatangan Presiden RI, Joko Widodo.

“Kita lagi banyak agenda, jadi belum bisa melakukan penertiban tambang-tambang tertsebut. Namun waktu dekat ini akan kita lakukan, untuk kordinasi dengan instansi terkait sudah kita lakukan,” kata Kapolres, Rabu (1/6) kemarin.

Mantan Kasi Gakum Ditpolair Polda Bangka Belitung (Babel) kembali berjanji tidak main-main dalam hal penegakan hukum bagi pelaku tambang ilegal. “Saya selalu mantau, bukan karena saya diam ini. Saya tidak tahu anggota-anggota yang main di lokasi itu,” ungkapnya.

Pantauan Radar Bangka, sebanyak puluhan unit ponton terlihat menjalankan aktifitas pertambangan tanpa adanya pengamanan dari pihak keamanan, baik Polres, Pol PP maupun instansi terkait lainnya.

“Kalau ketangkap itu resikonya akan dipecat sesuai aturan yang berlaku, itu sudah atensi Pak Kapolda Babel Brigjen Pol Yoveanes Mahar,” tutupnya. (Ode)