Alhamdulillah, 50 Penghuni Ponpes Daarul Arofah Sembuh dari Covid-19

by -
Alhamdulillah, 50 Penghuni Ponpes Daarul Arofah Sembuh dari Covid-19
Para santri dan santriyah serta pengurus pondok dijemput pengasuh Ponpes di SKB Perawas. (ist)

belitongekspres.co.id, SIJUK – Sebanyak 50 orang penghuni Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Arofah Sijuk, yang sebelumnya terkonfirmasi Covid-19 kini sudah sembuh. Saat ini mereka telah dipulangkan ke pesantren.

Mereka sembuh setelah hampir dua pekan dirawat (isolasi) di Gedung SKB Perawas dan RSUD dr H Marsidi Judono. Satu persatu santri dan guru pengajar dinyatakan negatif Covid-19 usai mendapat perawatan intensif.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono membenarkan adanya kabar tersebut. “Benar, hari ini mereka sudah sembuh,” kata Joko Sarjono kepada Belitong Ekspres, Selasa (16/3).

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Arofah Sijuk Heikal Fackar (Gus Heikal) mengucapkan syukur sebanyak 50 orang terdiri dari 47 santri dan 3 guru yang terpapar Covid-19 sudah dinyatakan sembuh.

“Hari ini kita telah menjemput mereka dengan menggunakan mobil. Alhamdulillah saat ini mereka telah berada di Pondok Pesantren Daarul Arofah,” kata Gus Heikal saat dikonfirmasi Belitong Ekspres.

Meski sudah berada di pesantren, namun mereka untuk sementara waktu ditempatkan terpisah dengan para santri dan santriyah yang negatif Covid-19. “Mereka akan dipisah hingga 20 Maret 2021. Para santri yang terpapar kemarin, disediakan tempat tidur terpisah,” ungkap pria jebolan Universitas Al Azhar Kairo Mesir.

Gus Haikal menambahkan, meski mereka dinyatakan sembuh namun untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Pondok Pesantren Daarul Arofah masih diliburkan. Rencananya KBM akan dilaksanakan pekan depan.

Untuk mengantisipasi terjadinya Covid-19, pihak pesantren terus melakukan penyemprotan disinfektan. “Sementara aktivitas belajar mengajar kita liburkan. Mereka akan masuk kembali Senin (22/3) mendatang,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan santri dan santriyah Pondok Pesantren Daarul Arofah terkonfirmasi Covid-19. Sebanyak 50 orang penghuni Ponpes dirawat atau diisolasi di Gedung SKB Perawas dan RSUD dr H Marsidi Judono Tanjungpandan. Dari 50 orang, 3 di antaranya guru pengajar, sisanya merupakan santri. (kin)