Alhamdulillah, Akhirnya Pulau Sumedang Sudah ‘Merdeka’ Bisa Komunikasi

by -
Alhamdulillah, Akhirnya Pulau Sumedang Sudah 'Merdeka' Bisa Komunikasi

belitongekspres.co.id, MEMBALONG – Kabar gembira bagi masyarakat Pulau Sumedang Kecamatan Membalong. Pulau yang terletak di ujung Selatan Pulau Belitung tersebut, kini sudah memiliki stasiun penerima sinyal dari satelit (VSAT).

Dengan terpasangnya VSAT tersebut warga desa kini sudah bisa berkomunikasi untuk menerima atau mengirim data melalui melalui jaringan internet. Bantuan VSAT tersebut diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Belitung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Belitung Ikbal SE membenarkan adanya pemasangan VSAT di Pulau Sumedang, Kecamatan Membalong tersebut untuk mempermudah komunikasi.

“Alhamdulilah bisa terhubung komunikasi ke Pulau Sumedang. Masyarakat bisa berkomunikasi dengan internet video call dan handphone dengan WA,” ujarnya saat dihubungi wartawan, Sabtu (14/3).

Kaur Keuangan Desa Pulau Sumedang Sultan juga membenarkan kalau di Pulau Sumedang kini sudah terpasang alat VSAT tersebut. “Malam ini sedang dilakukan uji coba pemasangan VSAT tersebut. Uji coba dilakukan oleh teknisi dari Jakarta di dampingi oleh Kades Sumedang Ambo Rappe, Sekdes dan juga BPD,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Belitung Syamsir mengatakan, sudah mengetahui kalau di Desa Pulau Sumedang kini sudah terpasang alat VSAT tersebut. “Syukur alhamdulillah, kini warga di Desa Pulau Sumedang sudah bisa berkomunikasi baik itu melalui telepon seluler maupun jejaring internet,” kata Politisi PPP itu kepada Belitong Ekspres.

Oleh sebab itu dirinya, memberikan apresiasi kepada pihak Pemerintah Daerah dan Diskominfo Kabupaten Belitung yang terus berusaha dan berjuang. Sehingga masyarakat di Desa Pulau Sumedang bisa melakukan komunikasi  melalui alat VSAT yang telah terpasang tersebut.

Menurut Syamsir, sarana informasi dan komunikasi merupakan salah satu kebutuhan mendasar yang di perlukan masyarakat pada saat ini. Dirinya juga menyakini kedepanya Pulau Sumedang akan menjadi salah satu destinasi andalan di Belitung.

Ditambahkannya, Pulau Sumedang selain memiliki keunikan tersendiri juga memiliki menara Mercusuar peninggalan Belanda sama halnya dengan yang ada Pulau Lengkuas. Beberapa fasilitas umum juga sudah tersedia mulai dari fasilitas PLTD untuk penerangan, sekolah dan Pustu.

“Alhamdulillah, berkat perjuangan bersama dengan teman-teman di DPRD dan komitmen Pemerintah Daerah, akhirnya Pulau Sumedang semakin maju dan berkembang. Semoga kehadiran alat tersebut bisa memberikan dampak yang positif terutama untuk kemajuan informasi dan pemerataan pembangunan sehingga kedepanya saya harapkan tidak ada lagi daerah yang terisolasi,” pungkasnya. (rez)

Editor: Yudiansyah