Alvin Butuh Uluran Tangan

by -

///Diserang Penyakit Penyumbatan Cairan Kepala

PANGKALPINANG – Putra kedua dari pasangan suami istri Gatot Dwi Hartoyo (36) dan Kasti (35) Warga kelurahan Bukit Tani Kota Pangkalpinang, Alvin Gilang Aditama (11) kini hanya bisa menangis setiap hari dan tak mau lepas dari gendongan sang ibunda.
Menurut sang ayah Gatot, kondisi sang anak seperti itu, disebabkan oleh penyakit penyumbatan cairan kepala yang dideritanya. Hal ini diketahui berdasarkan hasil scan dari dokter bedah syaraf di Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) tanggal 23 Juni 2015 lalu.
“Alvin ini lahir dalam keadaan normal, namun sejak usia 6 bulan kondisinya justeru lemah dan kurus. Sehingga waktu itu langsung kami bawa ke Pukesmas Kacang Pedang dan setelah diukur lingkar kepalanya ternyata pihak Pukesmas menyatakan kalau ukuran kepala Alvin tidak sesuai dengan umurnya,” ujar Gatot mengawali cerita.
Baru kemudian jelasnya, Alvin dirujuk ke RSUD Depati Hamzah spesialis anak dan akhirnya baru dibawa ke dokter bedah syaraf RSTB Pangkalpinang dengan menggunakan fasilitas BPJS Mandiri. Namun, pihak RSBT Pangkalpinang menyatakan keterbatasan akibat belum memiliki alat operasi bedah syaraf khusus anak. Sehingga dirujuk ke RSCM untuk melakukan operasi di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo Jakarta.
Dari sinilah, Gatot dan Kastin semakin bingung dengan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan operasi maupun biaya hidup selama di Jakarta. Maklum saja penghasilan Gatot sehari-hari sebagai buruh bangunan hanya pas-pasan untuk membayar biaya kebutuhan hidup sehari-hari plus biaya kontrakan rumah. Sedangkan sang istri sehari-hari hanya sebagai ibu rumah tangga dan tidak bekerja.
“Kondisi anak saya itu sekarang ini sering rewel, semakin kurus, kepala juga mulai membesar, apalagi kalau malam kepalanya itu sering panas. Namun gimana dengan keterbatasan dana yang ada, rasanya seperti mengecilkan harapan kami untuk kesembuhan dia,“ sebut Gatot sembari mengaku ia juga pernah membawa Alvin ke pengobatan alternatif namun belum menunjukan hasil sebagaimana yang diharapkan. Gatot masih berharap uluran tangan dari para dermawan untuk memberikan dukungan, bantuan maupun doa bagi kesembuhan Alvin Gilang Aditama.(red)