Amankan Pilkada, Polda Sebar Babinkamtibmas

by -

PANGKALPINANG – Polda Bangka Belitung (Babel) telah menyebarkan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) di empat kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada secara serentak pada 9 Desember mendatang.
“Dalam pelaksanaan Pengamanan Pilkada, sudah seharusnya Babinkamtibmas disebar dan harus proaktif dalam melaksanakan tugasmya,” ujar Kepala Biro Operasi Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Herry Nixon, Selasa (1/9).
Ia menyebutkan, penyebaran Babinkamtibmas sangat penting dalam pengamanan Pilkada. Adapun Misi Babinkamtibmas tersebut, yakni mengetahui atau mendeteksi sedini mungkin permasalahan yang ada di seputar masyarakat termasuk seputar Pilkada. “Babinkamtibmas ini harus mampu membaur dan mendekatkan diri pada masyarakat supaya situasi aman dan kondusif bisa tercipta,” katanya.
Dikatakannya, pihaknya juga sudah menginstruksikan Babinkamtibmas agar lebih intens dalam memberikan informasi semaksimal mungkin terkait potensi gangguan, ancaman gangguan maupun gangguan nyata di Babel. “Mereka juga dituntut mampu memberikan solusi terhadap embrio permasalahan yang terjadi dengan menyampaikan pesan yang akurat,” ungkapnya.
Ia mengatakan, setiap Babinkamtibmas yang disebar tersebut sangat memahami prosedur apabila menemukan kasus pada wilayah hukumnya dan proaktif menyampaikan informasi kepada pimpinan.
“Babinkamtibmas ini mempunyai peran fungsi intelijen, di mana para personilnya memiliki kemahiran deteksi dini dan deteksi aksi pada wilayah tugas Babinkamtibmas guna mengantisipasi sedini mungkin potensi permasalahan yang akan muncul,” katanya. (Ant/RB)