Andeska Calon Bupati Terkaya

by -

*Musdiyana “Termiskin”, Berdasarkan LHKPN KPK RI

 MANGGAR–Calon Bupati Beltim nomor urut 2, Usmandie Andeska menduduki rangking teratas dalam jumlah harta kekayaan dibandingkan dua pasangan calon (Paslon) lainnya. Ranking ini sesuai pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK RI yang diterima KPUD Belitung Timur (Beltim) seperti disampaikan kepada wartawan. Harta kekayaan Paslon yang diusung Partai Hanura dan PKS ini, pada 27 Juli 2015 tercatat Rp 2,57 miliar.

Sementara pasangannya, calon wakil Bupati Beltim Musdiyana, memilik harta kekayaan paling sedikit. Mantan anggota DPRD Beltim hanya memiliki harta kekayaan berjumlah Rp 720 juta, per 22 Juli 2015.

Lantas, harta kekayaan yang dimiliki oleh calon Bupati Beltim nomor urut 1,Yuslih Ihza berjumlah Rp 1,76 miliar. Total kekayaan ini dihitung berdasarkan laporan terakhir yakni per 31 Juli 2015.  Pada laporan terdahulunya, per 23 April 2015, total kekayaan kakak Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra itu adalah Rp 1,93 miliar.

Sedangkan pasangan Yuslih, Calon Wakil Bupati Beltim Burhanudin (Aan), tercatat memiliki kekayaan Rp 1,18 miliar. Status laporan harta kekayaan ini adalah per 28 Juli 2015.  Pada laporan terdahulunya, per 21 Agustus 2013, mantan PNS Beltim dan saat ini masih menjabat Ketua PSSI Beltim, memiliki kekayaan sebesar Rp 1,19 miliar.

Selanjutnya, Calon Bupati Beltim nomor urut 3 Basuri Tjahaja Purnama memiliki kekayaan Rp 1,4 miliar. Kekayaan adik Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu adalah kekayaan yang dilaporkan per 28 Juli 2015. Pada laporan terdahulunya, per 12 Maret 2010, Bupati Beltim periode 2010 – 2015 ini tercatat memiliki kekayaan senilai Rp 1,25 miliar.

Sementara itu, untuk kekayaan Calon Wakil Bupati Beltim Fezzy Uktolseja pasangan Basuri, berjumlah Rp 1,39 miliar. Status laporan harta kekayaan mantan anggota DPRD Beltim tersebut  adalah per 23 Juli 2015. Laporan terdahulunya, per 8 Januari 2015, kekayaan Fezzi dilaporkan senilai Rp 1,4 miliar.

Ketua KPUD Beltim, Pirmawan, melalui Komisioner KPU Beltim Divisi Humas, Antarlembaga, Sosialisasi, dan Divisi Pencalonan, Suro Mampan Siregar mengatakan LHKPN telah resmi diumumkan KPK. Nantinya masyarakat juga dapat melihat laporan ini di laman website KPU Beltim.

“Masyarakat dapat melihat LHKPN ini. Kami akan umumkan di laman website KPU Beltim. Ini memang harus diumumkan,” ungkap Suro kepada Belitong Ekspres, Jumat (27/11) kemarin.

 

Suro menjelaskan, jumlah total kekayaan LHKPN ini, dengan rincian harta tidak bergerak (tanah/bangunan), harta bergerak (alat transportasi dan mesin lainnya) hingga logam mulia. Selain itu, dari surat berharga dan giro atau setara kas lainnya yang dilaporkan.

“Dokumen pengumuman LHKPN dari KPK RI ini ditandatangani oleh Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN Cahya H. Harefa dan Plh Deputi Bidang Pencegahan yang juga dijabat Cahya H. Harefa,” tutup Suro. (feb).

 

Harta Kekayaan Calon Bupati dan Wakil Bupati Beltim 2015

Buat Grafis

 

Pasangan Nomor Urut 1

Yuslih Ihza: Rp 1,76 miliar

Burhanudin: Rp 1,18 miliar

 

Pasangan Nomor Urut 2

Usmandie Andeska: Rp 2,57 miliar

Musdiyana           : Rp 720 juta

 

Pasangan Nomor Urut 3

Basuri T Purnama         : Rp 1,4 miliar

Fezzy Uktolseja    : Rp 1,39 miliar