Andrea Hirata Teriak “Indonesia Merdeka” di Inggris

by -

* Terima Gelar Doktor Honoris Causa Kesusastraan dari University of Warwick, Inggris
Indonesia, Indonesia, Merdeka, Merdeka…

foto A -Andrea Hirata - Univ Warwick1

ANDREA HIRATA FOR BE
Inagurasi Doktor Honoris Causa Andrea Hirata.

Itulah kalimat heroik yang dilontarkan Novelis Andrea Hirata dalam sidang Senat  di University of Warwick, Inggris, 13 Juli 2015, lalu. Andrea Hirata asal Kampong Gantong Belitung Timur itu, berkesempatan naik di podium terhormat di hadapan akademisi dan undangan termasuk Rektor University of Warwick, Inggris.
Kalimat lantang dari Novelis Laskar Pelangi ini sontak mendapat aplaus dari hadirin dan mampu menggetarkan suasana di Warwick Art Centre. Andrea juga sempat mengenalkan diri berasal dari sebuah Desa Kecil di Pulau Belitung, Indonesia.
Ternyata, Andrea Hirata telah menerima gelar Doktor Honoris Causa Kesusatraan dari University of Warwick yang merupakan universitas ke-6 terbaik di United Kingdom (UK) dan ke-61 terbaik dunia. Penghargaan itu diberikan pada Summer Graduation 2015, University of Warwick.
“Penghargaan ini bukan untuk sombong atau apa, tapi harus mampu memberikan semangat dan inspirasi kepada siapapun, termasuk orang miskin seperti Saya, harus bisa berpikir maju dan mampu berprestasi. Dan orang Belitong Bisa!’’ ungkap Andrea kepada Belitong Ekspres, Senin (27/7) melalui telepon seluler, tadi malam.
Andrea menyatakan, kondisi terparah dari sebuah puncak kemiskinan yang berlangsung lama adalah miskin pemikiran, inspirasi dan cita-cita. “Dan ini (miskin pikiran dan cita-cita,Red) harus dijauhkan dari kita dan siapapun orang yang ingin maju,’’ papar Andrea yang baru saja tiba di Jakarta usai dari London, Inggris Raya.
Sementara itu, Fikri dari Manajemen Andrea Hirata dalam rilisnya yang disampaikan kepada BE mengatakan, sekitar setahun lalu University of Warwick mengirimkan surat pemberitahuan, dari sekian banyak penulis dari belahan dunia, Andrea Hirata terpilih untuk menerima gelar Doktor Honoris Causa Kesusatraan. Dalam surat pemberitahuan itu dikatakan, gelar ini diberikan  karena kontribusinya dalam “international literature” selama delapan tahun terakhir.
Selama lima tahun ini, University of Warwick juga telah mengikuti perkembangan Andrea Hirata. Lembaga ini mengetahui karya-karya Andrea Hirata telah diterjemahkan ke dalam 34 bahasa asing dan terbit di 130 negara oleh penerbit- penerbit terkemuka.
Dan karya-karya Andrea Hirata termasuk audio booknya, telah dipakai secara luas di banyak negara sebagai referensi pendidikan dan pembelajaran sastra. Selain itu, dijadikan salah satu referensi yang bahkan dipakai oleh para diplomat untuk belajar tentang Indonesia.
Dijelakskan, perhatian University of Warwick pada Andrea Hirata terutama sejak Laskar Pelangi edisi Amerika dengan judul The Rainbow Troops diterbitkan oleh Farrar, Straus and Giroux, New York. Lantas, novel itu menjadi pemenang pertama New York Book Festival 2013 dalam kategori general fiction.
Dengan diterimanya Doktor Honoris Causa dari University Of Warwick, maka, ini berarti dalam sepuluh tahun karir menulisnya, Andrea Hirata telah menerima tiga penghargaan sastra internasional. Sebelumnya, dia menjadi pemenang pertama Buchaward 2013 di Jerman untuk novelnya Die Regenbogen Truppe. Yaitu Laskar Pelangi dalam bahasa Jerman yang diterbitkan oleh penerbit ternama Jerman, Hanser Berlin. Lantas yang kedua, pemenang pertama New York Book Festival 2013 kategori general fiction untuk novelnya The Rainbow Troops.
Jan Palmowski Professor Sejarah dari Cambridge University mengatakan, bahwa saat ini Andrea Hirata memimpin sastra Indonesia menuju sastra dunia.
Selain Andrea Hirata, penerima Doktor Honoris Causa dari University of Warwick lainnya adalah Sutradara terkenal Inggris Mike Leigh yang telah tujuh kali menerima nominasi Oscar sebagai sutradara terbaik. Dia juga menjadi pemenang piala Palme D’Or di Festival Film Cannes 1996 untuk filmnya Secret and Lies. Selain itu, penganugrahan Gelar Doktor Honoris Causa di bidang Kimia adalah Prof Ada Yonath, pemenang Nobel di bidang Kimia.
Mengenai prosesi penerimaan gelar di Inggris dan pidato di hadapan Senat University of Warwick dapat dilihat di alamat: https://youtu.be/txUlhiVkdX0 dan https://youtu.be/SYZyYEX0O78.(agu)