Andrea Perjuangkan 200 Beasiswa

by -

*Bagi Lulusan SLTA, Minta  PT Timah Peduli Pendidikan

TANJUNGPANDAN-Merasa prihatin atas nasib pemuda-pemudi Belitong,  Andrea Hirata secara resmi meminta kepada PT Timah (Persero) Tbk, untuk lebih peduli.  Andrea melalui surat khusus yang ditujukan kepada Direktur Utama PT Timah meminta agar perusahaan BUMN ini memberikan beasiswa kepada 200 lulusan SLTA dan sederajat di Pulau Belitong untuk melanjutkan studinya ke perguruan tinggi (PT).
Menurut Andrea Hirata,  dalam pengamatan dirinya, beberapa tahun terakhir hampir 85 persen tamatan SLTA di Belitong setiap tahun, tidak bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.  Ketidakmampuan melanjutkan ke pendidikan ini lebih banyak karena alasan ekonomi, artinya mereka tak mampu membayar biaya kuliah.
“Tanpa berbekal keterampilan yang  spesifik, sebagian besar mereka tidak akan mendapatkan lapangan pekerjaan yang memadai. Jangan sampai mereka, pemuda-pemudi ini terjebak dalam lingkaran kemiskinan yang sama, yang telah mereka alami dari generasi ke generasi,’’ ujar Andrea kepada Belitong Ekspres melalui jaringan telepon seluler, Rabu (26/8), kemarin.
Untuk bisa keluar dari kondisi keterpurukan tersbeut, lanjut Pendiri Museum Kata itu, diperlukan upaya yang sistematis dan signifikan untuk memecah lingkaran kemiskinan tersebut.  “Cara yang saya sarankan adalah melalui pendidikan. Sebab, saya percaya pendidikan dapat menjadi cara yang efektif untuk keluar dari lingkaran kemiskinan,’’ ungkap Andrea dengan nada serius.
Atas dasar itu, Andrea menghimbau kepada PT Timah untuk bersedia memberikan beasiswa melalui program tanggung jawab sosial perusahaan- CSR (corporate social responsibility) atau apapun namanya.  Beasiswa pendidikan ini diberikan kepada minimal 200  tamatan SLTA di Belitong yang tidak mampu setiap tahunnya. “Saya berharap ada tanggapan dan komunikasi dari pihak PT Timah sehingga apa yang menjadi cita-cita dan mimpi pemuda-pemudi Belitong bisa terwujud,’’ pungkasnya.
Sementara itu Corporate Secretary PT Timah (Persero) Tbk, Agung Nugroho kepada Belitong menyampaikan, surat dari Andrea Hirata sudah diterima perusahaan. Dan saat ini sedang dievaluasi (dikaji,Red) mengingat nilai (jumlah,Red)  yang diusulkan.  Selanjutnya, seperti disampaikan Agung, PT Timah berencana menjdwalkan pertemuan dengan Andrea Hirata di awal September mendatang. “Kami sudah mengkontak Bang Andrea, tetapi beliau bisanya tanggal 7 September,’’ kata Agung seperti ditulis melalui pesan singkat saat dikonfrimasi Belitong Ekspres, kemarin.
Andrea kepada Belitong Ekspres membenarkan dirinya sudah ada komunikasi dengan pihak PT Timah. Termasuk soal jadwal tanggal 7 September 2015 tersebut. “Iya memang, rencana tanggal 7 September. Yang pasti, saya berterimakasih kepada PT Timah sudah memberikan respon,’’ ujarnya singkat.(agu)