Anggaran 2016 Dipangkas

by -

SKPD Tetap Harus Konsisten

PANGKALPINANG – Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Marsyahbana mengingatkan kepada Perangkat Kerja Satuan Daerah (SKPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, tidak mengendorkan semangat kerja mereka dan tetap konsisten, khususnya dalam membantu pembangunan di Kota Pangkalpinang, maupun pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
Hal tersebut ditegaskannya, dikarenakan anggaran yang di dapat sebagian SKPD menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sebab tahun 2016 pemkot harus menganggarkan lebih untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dan peningkatan kelas.
Untuk itu, pemkot memangkas dana yang ada di SKPD-SKPD di lingkup Pemkot Pangkalpinang, lalu mengalihkannya ke pembangunan RSUD. “Kita tegaskan kepada SKPD tidak lesu dalam bekerja melayani masyarakat. Jangan mentang-mentang anggaran mereka ada yang di pangkas, kerja jadi tidak beres. Kami tidak mau melihat hal itu,” tegas Masyahbana, Kamis (3/13) kemarin.
DPRD, kata Politisi Partai Grindera ini, akan terus mengawasi tiap langkah yang diambil oleh SKPD, agar program-program Pemkot bisa sejalan sesuai harapan. “Kami akan pantau terus kerja SKPD. Kita kerja untuk rakyat, maka masyarakat berhak mendapatkan pelayanan terbaik,” ungkapnya.
Dalam pembangunan sekaligus peningkatan kelas, RSUD ini sendiri akan menelan dana sebesar Rp 200 Milyar dalam 2 tahun. “Sebagai Ketua DPRD, saya mengingatkan kepada instansi terkait untuk menggunakan dana tersebut dengan sebenar-benarnya, mengingat dana yang diserap untuk pembangunan Rumah Sakit itu tidaklah kecil,” tegasnya.
Diberitakan sebelumnya, DPRD telah melakukan Pengesahan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pangkalpinang Tahun Anggaran 2016, Senin (30/11) lalu.
Menurutnya, pembangunan RSUD telah menyerap banyak dari APBD Pangkalpinang 2016 tersebut, dirasakan perlu guna peningkatan pelayanan lebih baik lagi. RSUD akan diupayakan naik type yakni dari type C ke type B.
“Alhamdulillah pengesahan APBD 2016 telah di-Paripurna-kan, dari 8 fraksi semua menyetujui atau menerima dengan cacatan. Namun Anggaran 2016 banyak terserap oleh Pembangunan Rumah Sakit yang akan diikuti peningkatakan kualitas,” sebutnya.
Diakuinya, rumah sakit ini sudah perlu untuk ditingkatkan pelayanan dan fasilitasnya, karena ini untuk kepentingan masyarakat. “Insya Allah dengan ditingkatkan ke type B bisa melayani masyarakat secara maksimal,” tukasnya. (tya)