Anggota Panwaslu Segera Dilantik

by -

MANGGAR – Kepala Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung (Babel), Zul Terry Apsupi menyatakan hampir seluruh pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di empat kabupaten di Provinsi Babel siap terlaksana.

Dalam waktu dekat ini, Bawaslu akan segera melantik Pimpinan dan Anggota Panita Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Bangka Barat, Bangka Tengah, dan Bangka Selatan.

“Tahap awal ini kita akan segera melantik Ketua dan Anggota Panwaslu terpilih masing-masing 3 orang dari 4 kabupaten. Kita sudah jadwalkan Rabu depan, tanggal 15 April mendatang tempatnya di Kantor Gubernur Babel. Ini saya baru menyampaikan undangannya langsung sekaligus untuk Rakor nanti,” ungkap Zul saat bertemu dengan Bupati Beltim Basuri T Purnama di ruang kerjanya, Rabu (8/4).

Pada hari dan tempat yang sama pula, Bawaslu akan menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilukada Serentak dengan Gubernur, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Provinsi Babel, utusan Bawaslu RI dan 4 Bupati yang akan daerahnya akan melaksanakan Pilkada Serentak.

“Kalau untuk kesiapan anggaran, SDM serta Prasarana lain untuk pelaksanaan Pilkada lancar tidak ada kendala, sudah semua. Saya sudah koordinasi dengan tiap-tiap kabupaten yang akan melaksanakan Pemilukada, dan setiap daerah sudah menyatakan siap,” kata Zul.

Sempat tertundanya jadwal pelantikan, dikarenakan Banwaslu Babel masih menunggu kepastian Peraturan Kepala Komisi Pemilihan Umum (Perka KPU), kapan kepastian Pemilukada serentak akan segera dilaksanakan.

“Prediksi kita minggu depan sudah disahkan. Soalnya pembahasannya sudah dari minggu kemarin. Tanpa adanya Perka KPU saya tidak bisa jamin, siapa yang harus bayar mereka (anggota Panwas-red). Pemerintah daerah tidak mau berlaku pembayaran surut, kan gak mungkin saya yang bayar mereka,” tutup Zul. (feb)