Angka Keberhasilan KB Babel 68%

by -

PANGKALPINANG – Angka keberhasilan program Keluarga berencana (KB) Babel berdasarkan data yang dirilis Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bangka Belitung (Babel) mencapai 68%. Pencapaian ini pun disinyalir lebih tinggi dari angka pencapaian tingkat nasional yang hanya 57%.
Kepala BKKBN Babel, Ir.Hermansyah mengatakan, dengan angka yang mencapai 68% itu, pihaknya akan tetap mengontrol dan menelusuri angka tersebut dengan melakukan mini survey di setiap daerah. “Sudah 68% angka pencapaian KB kita, dari angka tersebut, Babel cukup tinggi dari nasional yang hanya 57%,” ungkapnya, Kamis (22/4) kemarin.
Tingginya angka pencapaian tersebut, menurut Hermansyah pihaknya akan melakukan kontrol angka itu melalui mini survey yang biasa dilakukan setiap tahun. “Kita tidak mau itu cuma sekedar angka, karena kita harus tetap hati-hati meskipun angkanya berasal dari kabupaten/kota, harus ditelusuri dan dibandingkan dengan TFR (total vertility rate) Babel atau angka kelahiran rata-rata per wanita selama masa subur,” terang Herman.
Kalau dilihat dari TFR nya sendiri, menurut Herman, TFR Babel mencapai 2,6, sedangkan target nasional dan provinsi di RPJM harus turun 2,3%. “Dari TFR itu kita melihat jumlah anak yang dilahirkan wanita selama masa reproduksinya ada 2,6 anak, karena itu kita harus berani membenah ini,” tandasnya. (eza)