Antisipasi Banjir, Budi Minta Pemda Belitung Siapkan Kolam Retensi

by -
Antisipasi Banjir, Budi Minta Pemda Belitung Siapkan Kolam Retensi
Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Belitung, Budi Prasetyo.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Belitung Budi Prasetyo meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mempersiapkan kolam retensi (penampungan air) guna mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya musibah banjir di Kabupaten Belitung.

Politisi Golkar tersebut menilai, pembangunan kolam retensi itu sifatnya “urgent” dan sangat perlu melihat kondisi di daerah yang terjadi pada saat sekarang ini. Kolam retensi dimaksudkan untuk menampung dan menjadi tempat resapan air. Khususnya di daerah yang rawan banjir, apalagi ketika hujan lebat maupun ketika air laut sedang pasang.

“Terutama, untuk kawasan yang “langganan” banjir. Kita harus fokus membangun itu (kolam retensi,red) apalagi musibah banjir ini hampir setiap tahun terjadi di Belitung,” ujar Budi Prasetyo kepada Belitong Ekspres, Senin (18/1) kemarin.

Budi menambahkan, Pemerintah Daerah dapat membahas pembuatan kolam retensi tersebut melalui kajian dan pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). “Dalam kajian tata ruang kita, apakah hal tersebut (kolam retensi,red) sudah masuk atau belum nanti akan kita cek. Kami di DPRD sangat mendorong hal tersebut guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya musibah banjir,” katanya.

Menurut Budi, upaya penanganan banjir yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah masih bersifat biasa saja. Meski, anggaran penanganan banjir sudah tersedia. Oleh sebab itu, masalah banjir harus dikerjakan dengan fokus, sistematis dan konsep yang matang.

“Secara keilmuan kolam retensi itu, memang harus disiapkan terutama dari aspek teknisnya. Apakah ada relokasi dan hal lain sebagainya, sebab itu juga tergantung kesepakatan dengan masyarakat sekitar,” pungkasnya. (rez)